9 Obat Yang Sebaiknya Dihindari Ketika Hamil

Segala yang dikonsumsi ibu hamil perlu diperhatikan dengan baik. Misalnya obat-obatan, sebab pengaruhnya bukan cuma pada ibu tetapi juga bayi.

Coba simak sembilan obat yang sebaiknya dihindari ketika hamil seperti yang dilansir dari Merdeka berikut ini.

1.Penghilang rasa sakit
Obat pereda atau penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan aspirin bisa memengaruhi pertumbuhan janin. Jika ibu sakit kepala, lebih baik lakukan pengobatan secara alami daripada minum obat.

2. Obat anti jamur
Masalah jamur memang umum dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi jangan sembarangan mengonsumsi obat anti jamur tanpa persetujuan dari dokter.

3. Obat jerawat
Selama hamil, perubahan hormon dalam tubuh bisa memicu tumbuhnya jerawat. Namun tidak perlu minum obat jerawat untuk menghilangkannya. Biarkan saja jerawat sembuh dengan sendirinya.

4. Obat demam
Obat untuk demam biasanya mengandung paracetamol yang wajib dihindari ibu hamil. Sebab dosis tinggi paracetamol sangat memengaruhi perkembangan janin pada tiga bulan pertama kehamilan.

5. Anti depresi
Konsumsi obat anti depresi ketika hamil mampu meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Untuk menghilangkan stres, lebih baik lakukan yoga atau meditasi.

6. Anti alergi
Selain anti jamur, obat anti alergi juga perlu dihindari. Atasi masalah alergi dengan cara alami. Misalnya menjauhi debu, rajin membersihkan rumah, dan memperkuat sistem imun dengan makan makanan bergizi.

7. Antibiotik
Hampir tak ada obat antibiotik yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun jika tidak ada cara lain, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan bentuk pengobatan yang lain.

8. Obat anti mabuk perjalanan
Jangan minum obat anti mabuk perjalanan saat hamil. Efeknya bisa buruk terhadap bayi. Temukan cara lain yang alami untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan.

9. Obat tidur
Bahkan obat tidur bagi pria dan wanita normal pun memiliki dampak tidak sehat, apalagi jika ibu hamil mengonsumsinya. Tak perlu minum obat tidur saat ibu merasa sulit memejamkan mata.

Demikian berbagai obat-obatan yang sebaiknya dihindari ketika hamil. Semoga bermanfaat!

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments

Leave a Reply: