Female β€” 12 March 2013
9 Ujian Dalam Pernikahan yang Bisa Memicu Perceraian

Kehidupan pernikahan tentunya tidak akan selamanya berjalan mulus.

Ada waktunya Anda dan pasangan menghadapi berbagai cobaan yang bisa menimbulkan keretakan.

Jika bisa melewati momen tersebut artinya Anda lulus dari ujian yang memang umum dialami suami-istri. Namun kalau gagal, bukan tidak mungkin pernikahan berakhir cerai.

Berikut ini sembilan ujian yang akan dihadapi pasangan setelah menikah.

1. Meributkan Masalah Sepele
Banyak masalah yang akan timbul dalam suatu hubungan, seperti malasah tentang seks, finansial, sampai tentang anak. Jika Anda juga pernah merasakan adanya pertengkaran tanpa sebab yang jelas maka Anda tidak sendirian.
Mengutip komentar dari pengarang buku Marriage Rules: A Manual for the Married and the Coupled Up, Herriet Lerner bahwa dalam suatu hubungan biasa timbul masalah karena adanya stres dari pasangan. Lerner menyatakan bahwa stres yang tinggi dapat menjadi pemicu pertengkaran. Untuk meminimalkan stres sebaiknya sebelum bertindak tarik nafas yang dalam dan berpikir dulu. Dan apabila stres sudah terlanjur menjadi pemicu pertengkaran, segeralah minta maaf pada pasangan Anda sebelum masalahnya bertambah besar.

2. Timbulnya Masalah Finansial
Pada beberapa pasangan, masalah finansial bisa selalu menjadi pemicu pertengkaran. Untuk meminimalkan adanya pertengkaran yang disebabkan masalah finansial sebaiknya Anda dan pasangan saling terbuka tentang keuangan dan mulai berhemat untuk masa depan bersama.

3. Menjadi Bagian dari Keluarga Pasangan
Pada tahapan dimana kita sudah mengenal semua keluarga pasangan dan begitu pula sebaliknya, dari hal ini terkadang timbul perdebatan tentang keluarga, seperti berapa sering mengunjungi orangtua pasangan. Minimalkan isu keluarga tersebut dengan memaksimalkan quality time bersama pasangan dan buah hati. Mulailah membuat kesepakatan bersama tentang seberapa sering bertemu orangtua pasangan atau masalah-masalah lainnya yang menimbulkan pertengkaran.

4. Tahap Awal menjadi Orangtua
Dalam tahapan awal periode menjadi orangtua, bukan hanya kebahagiaan saja yang akan dirasakan. Stres karena memiliki tanggungjawab baru bisa dialami suami-istri. Anda dan pasangan mungkin bisa bertengkar saat harus memutuskan siapa yang akan bertanggungjawab bangun di malam hari untuk mengganti pampers. Buatlah kesepakatan dalam berbagi tanggungjawab mengurus buah hati.

5. Saat Anak Beranjak Besar
Perdebatan bisa kembali terjadi saat anak mulai beranjak besar. Biasanya pasangan memiliki pandangan masing-masing yang dipengaruhi pola asuh orangtua mereka dulu. Hal itu pun mempengaruhi ketika pasangan membesarkan anak sendiri. Anda dan suami bisa bertengkar mengenai cara apa yang akan dipakai untuk mendidik si kecil.

6. Kehidupan Seks Monoton
Isu seks juga bisa menjadi pemicu pertengkaran. Pasangan yan sudah menjalani hubungan yang lama akan merasa kehidupan seks mereka tidak seperti dulu lagi. Sebenarnya kehidupan seks yang baik dapat mempererat dan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya selalu berinovasi dalam kehidupan seks Anda dan tidak malu kepada pasangan untuk membicarakannya.

7. Pengambilaan Keputusan Penting
Semua pasangan pasti pernah atau akan menghadapi keadaan dimana harus memilih keputusan yang paling benar. Entah itu mulai dari hal kecil sampai hal besar seperti pada saat menerima pekerjaan baru, membeli rumah baru, sampai keinginan menambah momongan. Apabila anda dan pasangan dihadapkan pada suatu masalah yang mengharuskan membuat keputusan, coba buatlah pro dan kontra yang akan timbul apabila keputusan itu diambil dan selalu bicarakan kepada pasangan terebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu.

8. Timbul Perasaan Bosan
Seperti halnya Anda bosan mengenakan sepatu atau tas kesayangan setiap hari, Anda juga bisa merasakan perasaan yang sama terhadap pasangan. Timbulnya perasaan ini karena Anda sudah bersama dengan pasangan dalam jangka waktu yang lama. Cobalah untuk menghargai keberadaan pasangan yang sudah menemani Anda dalam masa yang mudah maupun sulit dan terbuka dalam setiap masalah.

9. Tragedi yang Tidak Terduga
Anda dan pasangan mungkin sudah terbiasa untuk mengatasi masalah yang timbul sehari-hari tapi ingatlah masih ada banyak tragedi yaang tidak terduga seperti saat dimana orangtua meninggal dunia atau pasangan anda divonis mengidap penyakit kronis. Tidak ada solusi yang mudah jika tragedi tersebut menghampiri Anda dan pasangan dan masalah ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Tragedi ini akan membuat Anda frustasi atau stres. Tapi jawaban dari semuanya adalah yakini diri bahwa Anda mempunyai pasangan yang selalu mendukung dan menyayangi Anda.

[Source: Wolipop]

kurus

Referensi:

cobaan setelah menikah, Cobaan pernikahan, cobaan dalam pernikahan, cobaan di awal pernikahan, cobaan hidup setelah menikah, cobaan sesudah menikah, cobaan awal pernikahan, cobaan sebelum menikah, ujian setelah menikah, cobaan setelah pernikahan, ujian dalam pernikahan, ujian perceraian, cobaan perceraian, cobaan dalam menghadapi pernikahan, ujian awal pernikahan, cara mengatasi masalah dlm perkawinan, Ujian Di awal Pernikahan, Cobaan diawal pernikahan, ujian sesudah menikah, masalah di awal pernikahan, Cobaan saat hamil

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply