Business — 05 August 2012
9 Tips Terbebas dari Utang

Kendalikan utang anda sehingga hidup anda terkendali.

Bagaimana cara anda keluar dari jeratan utang dan kembali ke jalur yang benar?

Jangan sampai hidup anda tergantung kepada utang. Dengan begitu, anda sudah merusak aturan dasar dalam finansial, yaitu uang yang mengendalikan anda. Padahal, seharusnya anda yang mengendalikan uang.

Sembilan tips di bawah ini, mungkin bisa membantu anda supaya terbebas dari utang.

1. Tutup kartu kredit dan mulai menyusun anggaran
Setiap keluarga yang terjerat utang sudah sepantasnya mulai menutup sumber utang utamanya, yaitu kartu kredit. Keluarga tersebut juga harus mulai terbiasa hidup dengan uang yang ada. Caranya, mulailah menyusun anggaran, mulai dari pendapatan hingga pengeluaran. Anggaran tersebut harus dipatuhi setiap hari, karena isinya harus mencakup keseluruhan pengeluaran, mulai dari belanja bahan pokok hingga anggaran ponsel dan hiburan. Ini sedikit contekan untuk anda, kebutuhan pokok rumah tangga 35% dari anggaran, utang 15%, kehidupan sehari-hari 25%, transportasi 15%, tabungan 10%.

2. Kurangi utang secara bertahap
Cara paling cepat untuk terbebas dari utang adalah dengan membayar cicilan secara bertahap. Semakin besar cicilan yang anda bayar maka beban bunganya akan semakin kecil. Dengan bunga yang kecil maka anda tidak perlu khawatir akan membengkaknya tagihan. Jika memungkinkan, bicara dengan bank tempat anda berutang untuk mengurangi tingkat bunganya.

3. Cari penghasilan tambahan
Lakukan segala upaya yang anda bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan supaya bisa lebih cepat membayar utang-utang anda. Cari pekerjaan sampingan yang tidak menggangu pekerjaan utama anda, seperti berjualan cemilan di kantor, memberikan les piano atau menjual masakan buatan sendiri. Atau mungkin beberapa ide yang lebih kreatif, seperti menjadi web desainer paruh waktu, perencana pesta, dan banyak lagi.

4. Tentukan prioritas
Sementara anda berusaha menghapuskan utang sambil merencanakan masa depan, anda juga harus tahu mana yang jadi prioritas. Jangan sampai tujuan anda menghapuskan utang ternyata hanya untuk tujuan yang tidak penting. Contoh-contoh prioritas yang bisa anda kejar, yaitu biaya kuliah lanjutan, biaya bayi, uang muka rumah dan lain-lain. Bicarakan hal ini baik-baik dengan pasangan anda.

5. Lunasi utang berbunga tinggi lebih dulu
Dalam mengurangi utang, anda bisa mulai dengan utang berbunga tinggi terlebih dahulu, jangan yang nilai utangnya paling banyak. Setiap anda punya uang lebih, lakukan hal ini terlebih dahulu daripada membelanjakannya untuk hal yang kurang penting. Pantau terus nilai utang anda, sehingga anda tahu berapa yan sudah lunas dan berapa sisanya. Jika sudah terbebas dari utang, mulailah menabung.

6. Jangan keluar jalur
Terbebas dari jeratan utang tidaklah mudah, anda harus ingat juga jangan sampai utang tersebut terus meradang dan akhirnya bisa menghancurkan hidup anda. Anda harus bisa fokus pada anggaran yang sudah dibuat, jika sudah menikah, pasangan anda juga jangan sampai tidak disiplin dan keluar dari jalur. Selama anda memegang teguh pada rencana awal dan tetap dalam jalur, maka utang anda bisa segera lunas.

7. Irit bukan berarti tidak boleh belanja
Dalam rencana mengurangi utang, anda harus ekstra irit, tapi bukan berarti anda tidak bisa belanja barang-barang non pokok. Tapi harus ingat, jika ada uang ekstra, pertama-tama harus dipakai untuk tambahan pelunasan utang, lalu kebutuhan pokok, terakhir baru kebutuhan lain-lain. Jika anda punya rencana lain, seperti akan menikah, atau sekolah lagi, jangan buru-buru membatalkan rencana itu, cari alternatif pendanaan yang lebih murah atau atur kembali anggaran supaya lebih sesuai.

8. Berhenti makan di ‘luar’
Makan di ‘luar’ rumah selalu lebih mahal daripada memasak, dan lebih tidak sehat juga. Membuat masakan sendiri juga membuat anda lebih dekat dengan keluarga. Apalagi, setelah makan bersama anda bisa membicarakan banyak hal dengan seluruh anggota keluarga. Selain itu, jika anda menghidangkan makan malam di rumah dengan mengundang beberapa teman, maka biaya hiburan anda bisa sedikit dipangkas. Mahal tidaknya hidangan tidak menjadi masalah, yang paling penting silaturahmi.

9. Atur manajemen diri
Anda harus mulai mengatur diri jika ingin terbebas dari utang. Mulailah dengan menyimpan seluruh berkas yang berkaitan dengan utang-utang anda, aturlah supaya tidak bercampur dengan berkas-berkas lain. [detikFinance]

kurus

Referensi:

www wisatahati com, www wisatahati dot com, yhs-fh_lsonsw, Www wisata hati com, pengen bayar hutang, tips agar hutang cepat lunas, cara agar hutang cepat lunas, Mario teguh hutang, pengen melunasi hutang, mario teguh tentang hutang, doa biar hutang cepat lunas, cara biar hutang cepat lunas, doa supaya hutang cepat lunas, Biar hutang cepat lunas, Pengen cepet bayar utang, pengen cepat bayar hutang, pengen lunas hutang, pengen bayar utang, tips sukses menabung dan bayar hutang, biar hutang lunas, menaklukan hutang

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply