Business Techno — 22 September 2012
9 Tips Marketing di Facebook untuk Pelaku UKM

Apakah Anda mencari cara baru untuk meningkatkan kampanye marketing UKM Anda di jejaring sosial Facebook?

Anda membaca uraian yang tepat karena apa yang akan dijelaskan berikut akan membantu Anda mencapai target pemasaran yang lebih tinggi dan tentunya meningkatkan penjualan dan citra bisnis Anda secara keseluruhan.

Inilah sembilan tips terampuh untuk para pelaku UKM yang ingin bisnisnya makin moncer dengan bantuan Facebook.

1. Gunakan video
Trik pertama ialah berbagi konten video di halaman Facebook. Caranya mudah. Anda bisa mengunggah video langsung ke Facebook atau mengunggahnya ke situs penayang khusus video seperti YouTube. Dengan video, Anda bisa menyampaikan lebih banyak pesan dibandingkan foto.

2. Bereksperimen dengan posting update di luar jam kerja
Sisihkan sedikit waktu untuk melakukan posting update di luar jam-jam dan hari kerja. Anda bisa memulai posting di pagi hari atau malam hari. Dan bandingkan hasil jangkauannya dengan posting yang dipublikasikan saat jam kerja (9 pagi hingga 5 sore). Jika Anda tidak bisa melakukan posting di jam-jam tersebut, cobalah layanan aplikasi pihak ketiga seperti Hootsuite.com atau Tweetdeck.com yang memungkinkan Anda menjadwal konten saat jam kerja untuk dimunculkan di luar jam kerja. Mudah bukan? Jangan lupa untuk memeriksa Page Insights, ketahui di daerah mana saja fans Anda berada.

3. Tambahkan foto secara kreatif
Saat Anda berbagi foto, akan ada lebih banyak fans yang mengklik ‘like” dan berinteraksi dengan Anda dibandingkan hanya menuliskan update berupa teks. Carilah gambar-gambar yang unik dan edit serta tambahkan kata-kata di dalamnya. Buat semenarik mungkin. Pastikan mencantumkan sumber jika Anda mengambil foto dari situs lain, untuk mencegah tuntutan atas pelanggaran hak cipta.

4. Gunakan “Sponsored Posts”
Jika Anda benar-benar ingin konten Anda tertampil lebih sering di newsfeed para fans, gunakan “sponsored posts” yang memungkinkan konten kita menjangkau lebih banyak orang. Tanpa menggunakan fitur ini, hanya 16% konten yang secara organik (alami) bisa mencapai fans. Fitur ini cocok untuk konten video, tawaran seminar, diskon istimewa, dan sebagainya. Kelebihannya yang lain adalah biaya yang murah dan bisa disesuaikan dengan skala bisnis Anda.

5. Libatkan fans dalam proses penentuan produk
Jika Anda menjalankan proses mengolah atau menyempurnakan produk, mintalah fans untuk sumbangkan saran mereka melalui Facebook. Kalimat imbauan seperti “Pertanyaan cepat: Jenis kain apa yang Anda akan beli jika saya membuatnya? Jenis kain A atau B?”

6. Gunakan fitur penjadwalan (scheduling)
Jika Anda belum terlalu familiar dengan Hootsuite atau Tweetdeck untuk menjadwal posting di laman Facebook, gunakan fitur serupa di Facebook. Keunggulan fitur ini membuat Anda tak perlu repot melakukan update di luar jam kerja.

7. Gunakan kontes
Untuk menarik lebih banyak orang menjadi fans, gunakan lomba atau kontes. Dan pelajarilah karakter fans Anda sebelum mengadakan kontes. Gaya Anda mengelola halaman Facebook juga perlu dijadikan pertimbangan.

8. Jangan lupakan profil akun pribadi
Anda sudah memiliki halaman fans tetapi jangan sampai melupakan akun pribadi Anda sendiri di Facebook. Selalu masukkan posting bisnis Anda ke akun pribadi Anda juga untuk menjangkau lebih banyak orang.

9. Komitmen untuk mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan
Mengelola halaman fans yang sukses di Facebook bukan hanya membutuhkan 1 atau 2 malam. Diperlukan bertahun-tahun untuk itu, dan lebih lama lagi untuk mempertahankannya. Jadikan ini sebagai komitmen jangka panjang dalam bisnis Anda. Dalam jejaring sosial, hasil tidak bisa didapat secara instan. [Ciputra Entrepreneurship]

kurus

Referensi:

WWW FACEBOOK DOT COM, www facbook dot com, facebookdotcom, Wwwdotcom fesbook, facebook dotcom, www facebok dot com, www dot com fecebook, fecbookdot com, www facebook dotcom, facebook www dot com, Facebook w w w dot com, wwwfacebookdotcom, www//facbook dot com, www facebook do com, http //fecbook dot com, fasbuk wwdotcoom, fadbuk wwdotcoom, facebookdot cOm, facebook)dotcom, facebook dot kom, Face bok dot com

Related Articles

Share

About Author

(2) Readers Comments

  1. Pingback: 9 Miliuner Termuda Di Dunia | Serba Sembilan dot Com

  2. wah keren nih tipsnya..pantas dicoba 🙂

Leave a Reply