Business — 28 March 2012
9 Tips Hemat Bahan Bakar

Kenaikan harga bahan bakar minyak mengundang banyak pro dan kontra, namun bila ditilik dari berbagai sudut pandang, dapat diprediksi berbagai hal diantaranya kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok dan sebagainya.

Hal ini mengakibatkan frustasi bagi banyak pengendara mobil karena kemacetan jalan raya yang semakin meninggi. Berikut berbagai tips yang dapat Anda praktikkan untuk memperkecil pengeluaran Anda untuk transportasi, karena mau tidak mau transportasi adalah bagian dari kebutuhan yang cukup penting bagi pekerja dinamis seperti Anda.

1. Menjaga Kecepatan
Mengendarai mobil dengan kecepatan yang terlalu cepat atau bahkan tidak stabil membuat bahan bakar yang digunakan akan semakin besar.

Perhatikan cara Anda mengemudi, perkirakanlah kecepatan Anda dengan baik, di saat lalu lintas lancar pastikan Anda menaikkan kecepatan dengan perlahan.

2. Perhatikan Mesin Mobil
Apabila mesin mobil Anda membutuhkan perhatian khusus terhadap kinerja mesin, maka tidak ada salahnya Anda lebih memahami mobil Anda.

Dengan mengetahui berapa banyak konsumsi bahan bakar yang digunakan Anda akan lebih ahli dalam memprediksi pengeluaran dalam menggunakan bahan bakar.

3. Hindari Jam-Jam Sibuk
Terjebak dalam kemacetan lalu lintas memang sangat menyebalkan, jadi hindari mengemudi selama jam-jam sibuk bila memungkinkan. Jika memungkinkan Anda dapat pulang pergi sebelum atau sesudah jam-jam sibuk.

4. Perhatikan Tekanan Ban
Tahukah Anda tekanan udara dalam ban mempengaruhi kinerja mobil. Direkomendasikan untuk Anda memeriksa tekanan udara dalam ban sebulan sekali terutama di saat musim penghujan ketika ban cendrung kehilangan tekanan udara lebih banyak karena suhu yang dingin.

5. Menjaga Mesin
Selain ban, menjaga mesin tetap prima dengan mengganti mesin oli secara teratur dan dengan oli yang direkomendasikan akan menghemat pengeluaran Anda, karena mesin yang tidak terjaga dengan baik akan menggunakan lebih banyak bahan bakar karena kinerjanya yang terlelu berlebihan dan tidak didukung komponen yang baik.

6. Sekali Jalan
Hal ini terkadang diangap remeh oleh sebagian orang, mulailah untuk merencanakan lebih detail berbagai kebutuhan Anda saat pergi ke luar rumah. Anda dapat mengkombinasikan pergi ke kantor pos, berbelanja ke swalayan atau ke bank dalam satu perjalanan bersamaan.

7. Pilihan Transportasi Umum
Tidak ada salahnya untuk bepergian menggunakan transportasi umum terutama ke pusat kota, selain mengurangi kemacetan hal-hal lain yang memboroskan bahan bakar Anda saat Anda menggunakan mobil akan dapat dihindari, seperti terlalu banyak berhenti atau terjebak selama berjam-jam di jalan utama. Selain itu yang harus diperhatikan adalah biaya parkir yang terkadang sangat tinggi di wilayah-wilayah tertentu.

8. Mobil Hemat, Kenapa Tidak
Jika Anda berpikir untuk membeli kendaraan baru, maka Anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih transportasi yang akan Anda gunakan sehari hari, ketahui tujuan Anda menggunakan mobil tersebut.

Bagaimana medan yang akan ditempuh oleh Anda, dengan begitu Anda dapat lebih spesifik dalam memilih mobil terbaik untuk Anda.

9. Berjalan Kaki
Ide bagus untuk sesekali berjalan kaki, di saat cuaca cerah dan perjalanan Anda tidak terlelu jauh, jalan kaki dapat menjadi alternative paling efisien.

Jangan hanya sekedar pintar, namun kita juga harus lebih cerdas mensiasati setiap keadaan yang ada. [Source: DuniaTraining.Com]

kurus

Referensi:

hemat bahan bakar, tips menabung cepat kaya, anda paling ahli dalam memilih mobil, hubungan oli bagus dengan pengiritan bahan bakar, jalan kaki hemat bahan bakar, langkah-langkah menghemat bahan makanan pokok

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply