Health β€” 10 July 2012
9 Tips Atasi Rasa Lelah

Jadwal yang padat tidak dapat dihindari, namun tubuh yang terasa lelah menjadi kendala untuk bergerak aktif.

Konsentrasi menurun, ide kreatif menjadi sulit keluar dan semua yang Anda lakukan menjadi tidak optimal saat sedang lelah.

Masalahnya, berapa pun lama istirahat yang Anda lakukan tetap saja tubuh terasa tidak segar dan merasa lelah.

Jika itu yang terjadi, sembilan tips ini akan membantu tubuh Anda agar tidak mudah lelah.

1. Sedikit makan di malam hari
Saat makan siang, Anda bisa makan dalam porsi yang agak banyak. Namun malam hari sebaiknya Anda makan menu yang rendah karbohidrat agar saat tidur tubuh tidak bekerja keras untuk mencerna makanan Anda, yang menyebabkan Anda bangun dengan rasa lelah.

2. Cukup vitamin dan mineral
Jangan remehkan mikronutrien, walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, nutrisi ini bertanggung jawab untuk fungsi optimal tubuh Anda. Perhatikan asupan zat besi dan juga rangkaian vitamin B saat Anda mulai merasa mudah lelah.

3. Tidur malam dengan cukup
Tidur lama di terang hari tidak akan mengganti keletihan Anda karena kurang tidur di malam hari. Jadi atur jadwal Anda agar bisa tidur cukup di malam hari. Mungkin sejumlah jadwal di malam hari perlu Anda pindah ke pagi dan siang hari sehingga ada banyak waktu luang di malam hari.

4. Terapkan pola tidur yang sama
Mulai tidur jam sekian, dan bangun di jam yang sudah ditentukan. Pola tidur yang sama akan mempermudah tubuh Anda menyesuaikan aktivitas biologisnya sehingga kerja tubuh menjadi lebih optimal.

5. Kosongkan pikiran sebelum tidur
Tidur dengan memikirkan sesuatu akan membuat tidur Anda tidak nyenyak dan bangun di pagi hari dengan perasaan yang aneh karena seakan Anda terus berpikir sepanjang malam.

6. Tahu cara mendistribusikan tugas
Lelah tubuh bisa karena lelah pikiran, dan ini bisa karena Anda tidak bisa memilah apa yang harus dipikirkan dan mana yang tidak. Bisa juga karena Anda tidak pernah percaya sepenuhnya pada orang lain ketika dia mengerjakan sesuatu untuk Anda.

7. Diorganisir dengan baik
Berpikir sejenak untuk membuat segalanya teratur akan lebih baik daripada membiarkan semuanya berjalan tak beraturan, dan akhirnya Anda merasa bad mood sendiri. Perlu diingat juga, membenahi sesuatu yang terlanjur kusut akan jauh lebih sulit daripada mengatur semuanya dari awal.

8. Olahraga!
Ini syarat yang tidak bisa ditawar jika ingin tubuh Anda selalu fit, segar dan selalu punya energi lebih untuk melakukan banyak hal. Lakukan olahraga ringan secara teratur setiap harinya. Tidak perlu waktu lama jika Anda memang tidak punya waktu, kualitas akan lebih bermanfaat ketimbang kuantitas.

9. Belajar berkata tidak
Permintaan orang lain tidak selalu harus Anda penuhi sekalipun demi kebaikan. Sesuaikan keinginan untuk membantu dengan keadaan tubuh dan mental Anda, karena kondisi tubuh yang tidak fit juga akan membuat Anda tidak optimal dalam melakukan sesuatu. [Source: Vemale.com]

kurus

Referensi:

vitamin untuk pekerja berat, vitamin untuk pekerja keras, vitamin untuk pria pekerja keras, vitamin yang bagus untuk pekerja keras, multivitamin untuk pekerja keras, vitamin biar gak gampang capek, badan capek terus, vitamin untuk tubuh biar fit, vitamin untuk pekerja, biar badan fit terus, vitamin Buat Pekerja Keras, biar badan fit, suplemen untuk pekerja keras, badan terasa capek terus, vitamin kurang tidur, cara menyusui pacar kumpulan tips, Cara biar badan fit terus, cara biar badan fit, obat biar badan fit, agar badan fit terus, vitamin agar tidak mudah lelah

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment