Health — 30 April 2012
9 Tanda Pria Sehat

Menjadi pria sehat merupakan idaman setiap kaum adam. Bila selama ini waktu kita banyak dihabiskan untuk mengkhawatirkan penyakit dan gejalanya, mungkin kini saatnya kita mencari tahu tanda-tanda tubuh yang sehat.

Kini, kesehatan amatlah mahal. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan merupakan kuncinya. Bagi sebagian orang, melakukan olahraga merupakan cara untuk meningkatkan kesehatan.

Tak heran bagi kaum pria, semakin tinggi masa otot dianggap mewakili tingkat kebugarannya. Sayangnya, hal itu salah besar.

Jika ingin sehat, Anda juga perlu fokus pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini adalah 9 tanda pria sehat. Silakan simak penjelasannya di bawah.

1. Anda tahu tanggal terakhir kali Anda melakukan medical check-up
Para pria banyak menunda melakukan medical check-up. Padahal sangat penting untuk melakukannya, untuk dapat mengatasi penyakit sedari dini. Karenanya amat penting untuk mencatat kapan terakhir kali berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda lupa, sebaiknya segera buat jadwal dengan dokter untuk membicarakan masalah kesehatan Anda.

2. Setelah sesi latihan kardio, detak jantung kembali normal dalam waktu 5 menit
Selanjutnya, penelitian mengenai kesehatan adalah seberapa lama untuk denyut jantung Anda kembali normal setelah menyelesaikan sesi latihan kardiovaskular. Semakin cepat detak jantung kembali normal, maka lebih baik. Idealnya hanya sekitar 5 menit atau kurang.

3. Berat badan
Berat badan merupakan standar kesehatan berikutnya yang harus dinilai, terutama indeks massa tubuh. Indeks massa tubuh merupakan standar medis untuk memantau berat badan, yang berkaitan dengan kekurangan atau kelebihan berat badan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan tes lemak dari tubuh.

Keduanya memberikan hasil jitu yang dapat memberitahukan Anda masuk dalam kategori kelebihan berat badan atau sebaliknya. Pria sehat dibawah usia 40 tahun harus memiliki 8-19 persen lemak tubuh. Sementara, pria di atas 40 tahun memiliki lemak berkisar 11-22 persen.

4. Bisa bangun pagi tanpa alarm pada waktu yang kurang lebih sama setiap hari
Istirahat cukup memang penting bagi kesehatan. Kurang tidur tak hanya menyebabkan Anda merasa mudah lelah di siang hari, tapi juga menjadi tanda Anda mungkin berisiko mengalami stroke, obesitas atau penyakit jantung.

Jika Anda cukup istirahat, maka ritme internal dapat berfungsi dengan efektif dan Anda dapat dengan mudah bangun tidur tanpa bantuan alarm.

​5. Rutin buang air besar pada waktu yang sama setiap hari
Di dalam tubuh yang sehat dan berfungsi dengan baik, buang air besar harus menjadi hal yang biasa terjadi di setiap rumah pada waktu yang sama. Jika saat Anda buang air besar, tinjanya terlalu keras atau terlalu encer, mungkin itu alarm bagi Anda. Segera periksa asupan serat dan buat beberapa perubahan yang diperlukan.

6. Kuat berlari 2 km dalam waktu dibawah 15 menit
Untuk menguji kebugaran kardiovaskular Anda di sisi lain, cobalah untuk berlari sejauh 2 km. Jika Anda membutuhkan waktu berlari lebih dari 15 menit, maka tingkat kebugaran Anda masih di bawah rata-rata. Semakin cepat Anda berlari sejauh 2 km dengan detak jantung semakin rendah setelah berlari, maka kondisi fisik Anda sudah baik.

7. Sanggup push up 20 kali
Satu standar kesehatan yang utama adalah seberapa banyak Anda sanggup melakukan push up berturut-turut tanpa istirahat. Cobalah untuk rutin melakukan push up 20 kali setiap hari. Jika Anda tak kuat melakukannya, sudah saatnya untuk memfokuskan pada latihan fisik.

8. Warna urin
Meskipun jarang diperhatikan, memeriksa warna urin setelah buang air kecil menjadi cara baik untuk mengetahui apakah Anda mengalami dehidrasi. Jika urin berwarna kuning tua, menandakan Anda kurang cairan. Perlu diperhatikan juga adanya perubahan bau atau bercak darah dalam urin. Jika iya, segera temui dokter.

9. Warna kuku merah muda
Idealnya, kuku yang sehat berwarna merah muda, permukaannya halus dan tegas. Bintik putih pada kuku menjadi tanda adanya potensi diabetes. Sementara, kuku yang berwarna kuning menunjukkan adanya penyakit pernapasan, sehingga butuh pengobatan segera. [Source: ghiboo.com]

kurus

Referensi:

manfaat push up bagi pria, manfaat push up setiap hari, push up setiap hari, Manfaat push up setiap pagi, kesehatan tubuh pria, manfaat push up setelah bangun tidur, push up tiap hari, Manfaat push up tiap hari, cara agar kuat push up, jadwal push up, push up setiap hari apakah boleh, agar kuat push up, cara kuat push up, efek push up tiap hari, tips agar kuat push up, efek push up setiap hari, Jadwal push up yang baik, tidak kuat push up, push up berapa kali, hasil push up setiap hari, push up sehat

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment