Pictures Sport World — 07 September 2012
9 Stadion Termahal di Dunia

Apa nama stadion termahal di dunia? Santiago Bernabeu? Allianz Arena? Emirates Stadium? Bukan. Jawabannya adalah MetLife Stadium, kandang dua klub American Football, New York Jets dan New York Giants.

Berapa harga total pembangunan MetLife Stadium? 1,6 miliar dolar atau sekitar Rp 16 triliun. Jumlah tersebut sama dengan keuntungan yang diraih UEFA dalam penyelenggaraan Euro 2012 lalu.

Untuk urusan termahal, stadion-stadion klub sepakbola strata teratas di Eropa ternyata masih kalah dari beberapa klub American Football. Berikut adalah stadion-stadion termahal sejagat raya.

1. MetLife Stadium

New York Giants dan New York Jets pantas berbesar hati karena menjadi si empunya stadion termahal di dunia ini. Awalnya kedua tim tersebut berbagi markas di Giants Stadium. Dan sejak 2010 lalu, kedua tim kini pindah ke MetLife Stadium, yang letaknya hanya bersebelahan dengan rumah tua mereka.

Sebagai catatan, Juventus dan AC Milan sempat bertanding di Giants Stadium dalam laga Super Coppa 2003 lalu. Kini MetLife Stadium — sebagaimana Giants Stadium — masih tercatat sebagai satu-satunya stadion di NFL yang menjadi markas dua tim sekaligus. Lalu berapa harga stadion termahal dunia ini? 1,6 miliar dollar (sekarang kira-kira Rp 15 triliun) atau “hanya” terpaut satu triliun rupiah dari Yankee Stadium.

2. Yankee Stadium

Klub bisbol New York Yankees adalah tuan rumah stadion yang terletak di Bronx, New York ini. Berdiri sejak 1923, Yankee Stadium sempat direnovasi oleh negara pada tahun 1976, lalu renovasi paling mutakhir dilakukan pada 2009.

Berdiri di area seluas 46.000 m2, di dalam Yankee Stadium juga terdapat sebuah museum yang menyediakan video-video memorabilia New York Yankees, beberapa restoran dan kafe — di antaranya Hard Rock Cafe –, serta ruangan untuk terapi pemain dengan sebuah kolam renang di dalamnya. Stadion ini menelan biaya total pembangunan sebesar 1,5 miliar dolar atau kira-kira Rp 14 triliun.

3. Cowboys Stadium

Stadion yang memiliki daya tampung 80.000 tempat duduk ini — yang dapat ditingkatkan menjadi 111.000 jika ditambahkan area untuk berdiri — adalah markas dari klub American Football, Dallas Cowboys.

Selain sebagai arena American Football, stadion ini juga bisa disulap menjadi lapangan basket dan tinju. Rekor penonton di stadion seharga 1,33 dolar atau nyaris lebih dari Rp 12 triliun ini adalah ketika pertandingan antara Dallas Cowboys vs. New York Giant, yang menyedot hingga 105.121 penonton.

4. Wembley Stadium

Inilah salah satu stadion kebanggaan warga Inggris. Selain dapat digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola, “The New Wembley” yang letaknya di London ini juga bisa mengakomodir pertandingan rugby, American Football, konser musik, dan lomba atletik.

Kapasitas tempat duduk untuk tiap event pun berbeda-beda. Untuk sepakbola dan rugby, Wembley Stadium menyediakan 90.000 kursi, untuk American Football 86.000, untuk konser bervariasi, dari 75.000 hingga 90.000 tempat duduk dan juga tersedia area berdiri yang dapat menampung sekitar 15.000 orang, lalu untuk atletik tersedia 60.000 hingga 72.000 tempat duduk. Berapa dana yang diperlukan untuk membangun markas tim nasional Inggris ini? 1,25 miliar dolar AS atau sekitar lebih dari 11 triliun rupiah.

5. Citi Field

New York Mets adalah juragan di stadion berbiaya sebesar 922 juta dolar ini atau setara dengan 8,8 trilun rupiah. Dana yang nyaris sama dengan total anggaran Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia untuk tahun 2013.

Apa yang membuat stadion berkapasitas  41.922 bangku ini menjadi mahal? Salah satunya adalah, di dalamnya terdapat The Delta Sky360 Club, sebuah bangunan yang memiliki konsep restoran, kafe, dan bar, dengan 1.600 bangku dan dibuat dengan standar yang eksklusif.

6. Rogers Centre

Ada dua tim yang menempati stadion bernilai 914 juta dolar AS atau Rp 8,7 triliun ini: Toronto Blue Jays dari Major League Baseball dan Toronto Argonauts dari Canadian Football League.

Stadion dengan biaya yang diperkirakan dapat untuk membuat lintasan monorel kurang lebih sepanjang 30 kilometer di Jakarta itu ternyata juga multifungsi, lantaran juga terdapat sebuah hotel dengan 348 kamar, di mana 70 di antaranya menghadap langsung ke lapangan. Fakta lain, ternyata stadion yang kini bernama SkyDome itu adalah stadion pertama di dunia yang menggunakan atap otomatis pertama.

7. London Olympic Stadium

Stadion ini dibangun sebagai salah satu sarana Olimpiade 2012 yang diselenggarakan di London. Pembuatan awal stadion berkapasitas 80.000 tempat duduk ini “hanya” menghabiskan dana 486 juta dolar AS (Rp 4,6 triliun), tetapi kini angka tersebut mencapai total hingga 775 juta dolar atau sama dengan 7,4 triliun rupiah.

Biaya super besar tersebut tampak konyol, sebab pasca Olimpiade 2012 selesai, stadion tersebut tak lagi memiliki fungsi apapun. Kini pihak Komite Olimpiade London tengah berusaha menjual stadion itu berbagai pihak. Kabarnya, Tottenham Hotspur dan West Ham menjadi dua klub yang berminat untuk membelinya.

8. Soldier Field

Klub American Football kembali menyodorkan nama stadionnya sebagai salah satu yang termahal di dunia. Kali ini adalaj stadion milik klub Chicago Bears, Soldier Field. Pembuatan stadion yang dulu dinamakan Municipal Grant Park Stadium itu ditaksir hingga mencapai nominal  755 juta dolar AS atau sekarangkira-kira Rp 7,2 triliun.

Meski megah dan mewah, tetapi stadion berkapasitas 61.500 tempat duduk ini tak lepas dari kritik. Blair Kamin, salah seorang kritikus arsitektus ternama di Chicago menyebut stadion itu telah “merusak pemandangan indah di danau Shore”. Kendati demikian, stadion ini juga sempat mendapat penghargaan dari American Institute of Architects di tahun 2004 karena desainnya yang menawan.

9. Emirates Stadium

Markas Arsenal ini sejatinya telah selesai sejak 2006 lalu dengan biaya “hanya” mencapai 350 juta dolar AS (Rp 3,15 triliun). Akan tetapi, dengan nilai inflasi sekarang, dan renovasi yang terus dilakukan, biaya tersebut kini membengkak menjadi 750 juta dolar (Rp 7,5 triliun), atau setara dengan jumlah yang dikeluarkan Mikail Prokhorov, seorang biliuner Rusia dan pemlik klub basket Brooklyn Nets, kala membeli sebuah vila peninggalan raja Leopold Belgia pada tahun 1902 yang terletak di Prancis.

Sebagai catatan, pembangunan Emirates Stadium, yang memiliki kapasitas 60.400 kursi itu merupakan sebuah kelangkaan dalam sepakbola Inggris karena mencantumkan nama sponsor sebagai nama stadion. [detikSport]

kurus

Referensi:

10 stadion termahal di dunia, stadion terindah di dunia, 10 stadion terindah di dunia, stadium tercantik di dunia, stadion termahal di dunia, stadion terindah, stadion sepak bola termahal di dunia, stadion termahal didunia, stadion sepak bola terindah, stadion megah eropa, stadion, stadion termewah, stadion tercantik di dunia, stadion termewah di dunia, stadion termahal, stadion termahal di indonesia, stadion terindah didunia, stadion termewah dan termahal di dunia, stadion tertinggi di dunia, stadion terindah di eropa, stadion tercantik

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply