Health β€” 04 July 2012
9 Rahasia Sehat Kala Tambah Usia

Muncul garis halus pada wajah, bahkan kerutan, menjadi petanda awal penuaan.

Semakin bertambah usia, kondisi tubuh pun berubah.

Penuaan terjadi alami pada diri setiap orang, namun jika Anda menyikapinya dengan tepat, proses penuaan ini pun dapat dilewati dengan cara sehat.

Berikut sembilan rahasia sehat mengatasi perubahan fisik yang terjadi alami karena penambahan usia.

1. Bebas stres.
Studi membuktikan stres kronis dapat meningkatkan level kortisol yang dapat mengurangi massa tubuh, kepadatan tulang, dan juga meningkatkan penumpukan lemak di perut. Stres juga bisa menstimulasi berbagai penyakit yang terkait dengan penambahan usia seperti osteoporosis, Alzheimer, dan sindrom metabolisme tubuh.

2. Makan secukupnya dan jangan berlebihan.
Ada keterkaitan antara usia dan pola makan. Makanan merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan vitalitas termasuk untuk membuat Anda berenergi dan selalu segar serta merasa muda bergairah. Wajah kita merefleksikan apa yang kita makan. Seiring bertambahnya usia, level hormonal dalam tubuh mengalami perubahan, metabolisme cenderung menurun. Jadi, dengan bertambahnya usia akan lebih baik untuk makan dalam porsi kecil agar metabolisme tetap stabil.

3. Banyak senyum.
Semakin sering Anda tersenyum, wajah Anda semakin terlihat awet muda. Semakin bertambah usia, otot-otot terutama di wajah semakin mengendur. Senyuman dapat membantu mengencangkan otot wajah dan membuat wajah terlihat lebih kencang dan muda karenanya.

4. Bijak pilih makanan.
Pilih makanan yang kaya mineral juga asup lebih banyak sayuran segar. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, produk susu, dan daging-dagingan membuat sistem tubuh melemah dan menyebabkan penuaan dini.

5. Pentingnya enzim.
Enzim merupakan komponen vital untuk mendukung penuaan sel dalam tubuh. Pastikan Anda makan dari bahan makanan yang kaya enzim, lebih banyak mengonsumsi salad atau sayuran yang tak dimasak matang, dan tingkatkan konsumsi buah. Saat mengunyah makanan, lakukan perlahan untuk melepas enzim dan mencegah stres pada sistem pencernaan. Ketika makanan Anda dicerna dengan sempurna, sirkulasi darah dan nustrisi ke kulit semakin meningkat. Hal ini membuat Anda lebih sehat, awet muda dan bebas kerut.

6. Asup lemak baik.
Lemak dibutuhkan oleh tubuh, jadi pastikan asupan harian Anda mengandung lemak baik seperti asam lemak Omega-3. Lemak baik ini dibutuhkan otak dan berkaitan dengan fungsi kognitif tubuh, serta mencegah terjadinya inflamasi dan kolesterol tinggi. Sumber lemak baik di antaranya salmon, tuna, kenari dan minyaknya, sayuran hijau, biji rami dan minyaknya.

7. Olahraga.
Tak ada yang menyangkal bahwa olahraga bikin sehat. Lakukan latihan fisik yang bersifat kardio setidaknya tiga kali seminggu. Kebiasaan ini dapat menyehatkan jantung dan menghantarkan oksigen lebih banyak ke seluruh sel dalam tubuh. Olahraga sederhana seperti jogging dan jalan kaki dapat menjadi pilihannya.

8. Tertawalah.
Tertawa memicu perubahan fisik yang menyehatkan pada tubuh. Aktivitas yang membuat hati senang dan pikiran lebih segar ini mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel imun dan antibodi untuk mencegah infeksi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Tertawa juga meningkatkan kerja pembuluh darah dan memperlancar aliran darah, serta membantu tubuh melepas endorphin.

9. Seimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa.
Pendekatan holistik juga dibutuhkan untuk menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa Anda. Setiap kali merasakan sakit secara fisik maupun psikis, stres karena pekerjaan dan berbagai tuntutan hidup lainnya, obat bukan satu-satunya solusi. Anda bisa memulihkan diri dan mengatasi berbagai gangguan fisik dan emosi dengan cara holistik, dengan memberikan perhatian lebih pada diri Anda. [Source: Kompas]

kurus

Referensi:

kata bijak tambah usia, sehat, Kata bijak penambahan usia, kata mutiara tambah usia, pola makan yang buat muuka awet muda, badan sehat tapi hati dan pikiran merasa sakit, kata bijak pikiran sehat awet muda, kata bijak bagi yang tambah usia, jogging membuat otot wajah kencang, jiwa yang bikin wajah menjadi muda, Foto kala ML, cara perubahan fisik tidak sehat, cara mmbuat muka anak umur 18 jdi awet muda bagi yg cwok, cara membuat wajah awet muda dengan tersenyum, apakah semakin muda umur maka metabolisme semakin kecil?, cara membuat muka awet muda untuk usia 21, Cara Ampuh Usir Stres, cara agar wajah jdi terlihat muda, wanita tambah umur semakin terlihat apa, bertambah usia, bagaimana meningkatkan energi hati pikiran jiwa dan tubuh

Related Articles

Share

About Author

(2) Readers Comments