Business — 30 November 2012
9 Orang Terkaya Indonesia

Berikut daftar 9 orang terkaya se-Indonesia di tahun 2012 ini.

9. Boenjamin Setiawan
Boenjamin Setiawan merupakan pendiri dari Kalbe Farma, perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Dr. Boen, panggilannya juga baru saja mengakusisisi Hale Internasional sebesar US$ 10 juta.

Dr. Boen berada di peringkat ke-9 dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2,35 miliar atau Rp 22,3 triliun.

8. Peter Sondakh
Peter Sondakh adalah pimpinan Rajawali Group, yang baru saja melakukan backdoor listing perusahaan batu baranya PT Golden Eagle Energy yang meningkatkan sahamnya sampai 400%. Ia juga baru saja listing 49% saham perusahaan taksi, Express.

Peter Sondakh memiliki kekayaan hingga US$ 2,6 miliar atau mencapai Rp 24,7 triliun.

7. Sukanto Tanoto
Sukanto Tanoto adalah pemilik konglomerasi RGM (Raja Garuda Mas) dengan gurita bisnis mulai dari kertas hingga CPO. Ia baru saja meresmikan Tanoto Center fi Asian Family Business & Enterpreneurship Studies di Universitas Hong Kong.

Harta kekayaannya mencapai  US$ 2,8 miliar atau mencapai Rp 26,6 triliun.

6. Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia melalui Indorama Ventures berhasil mengambil perusahaan kimia AS, Old World Industrie di Januari 2012 ini. Indorama terus berkembang dan menjadi perusahaan besar di Indonesia.

Sri Prakash Lohia berada di peringkat 6 dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 3 miliar dan Rp 28,5 triliun.

5. Chairul Tanjung
Chairul Tanjung, pemilik CT Corp ini memiliki kekayaan yang ditaksir sebesar US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 32,3 triliun pada tahun 2012. Kekayaan Chairul Tanjung melesat dibandingkan kekayaannya di tahun 2011 yang menurut Forbes sebesar US$ 2,1 miliar.

Dengan tambahan kekayaan sekitar US$ 1,3 miliar dalam setahun, posisi Chairul Tanjung dalam daftar itu naik dari 11 di tahun 2011 menjadi posisi 5 pada tahun 2012. Menurut Forbes, pria berusia 50 tahun itu mendapatkan kekayaannya terbesar dari media holding yakni Trans TV dan Trans 7 serta kepemilikan di Bank Mega.

4. Anthoni Salim
Ayahnya, Liem Sioe Liong atau Om Liem, sang legenda pendiri Salim Group telah meninggal di usia 97 tahun pada Juni lalu di Singapura. Anthoni melanjutkan usaha ayahnya tersebut. Salim memiliki saham di Indofood.

Kekayaan Anthoni Salim mencapai US$ 5,2 miliar atau Rp 49,4 triliun yang menempatkannya di posisi 4 orang terkaya se-Indonesia.

3. Susilo Wonowidjojo
Susilo Wonowidjojo bersama PT Gudang Garam berhasil meraup banyak keuntungan dari bisnis kepulan asap rokok ini. Susilo memiliki kekayaan hingga US$ 7,4 miliar atau Rp 70,3 triliun.

2. Eka Tjipta Wijdaja
Imigran China, Eka Tjipta Widjaja sempat menjual biskuit waktu muda. Kini melalui Golden Agri-Resources yang dikelola anaknya berhasil mengakuisisi beberapa lahan besar di Indonesia. Eka Tjipta Widjaja juga mendirikan Smartfren Telecom dan Sinar Mas Multiartha.

Eka Tjipta Widjaja memiliki harta US$ 7,7 miliar atau Rp 73,15 triliun.

1. R Budi & Michael Hartono
Dua bersaudara pemilik Grup Djarum, yaitu Budi Hartono dan Michael Hartono konsisten menjadi orang terkaya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Keduanya selalu berada di urutan teratas di orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Saudara yang paling muda, Budi, sudah masuk jajaran orang terkaya Forbes sejak tahun 2005 lalu. Baru kemudian kakaknya menyusul tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2008.

Jumlah kekayaan dua bersaudara yang nyaris tak pernah muncul di media ini berjumlah US$ 15 miliar atau sekitar Rp 142 triliun, naik dari tahun lalu US$ 14 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.

kurus

Referensi:

10 perusahaan farmasi terbesar di indonesia, ranking perusahaan farmasi, peringkat perusahaan farmasi di indonesia, daftar perusahaan farmasi terbesar di indonesia, urutan perusahaan farmasi terbesar di indonesia, peringkat farmasi di indonesia, daftar peringkat perusahaan farmasi di indonesia, peringkat perusahaan farmasi 2014, perusahaan farmasi terbesar di indonesia 2014, peringkat farmasi di indonesia 2014, peringkat perusahaan farmasi indonesia, peringkat perusahaan farmasi indonesia 2012, perusahaan farmasi terbesar di indonesia, peringkat perusahaan farmasi indonesia 2013, rangking perusahaan farmasi di indonesia, peringkat farmasi, peringkat perusahaan farmasi, peringkat farmasi di indonesia 2012, 10 perusahaan farmasi terbesar di indonesia 2014, peringkat perusahaan farmasi di indonesia 2014, peringkat perusahaan farmasi indonesia 2014

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply