Business World — 06 February 2012
9 Orang Terkaya di Dunia

Siapa sajakah orang-orang yang memiliki jumlah kekayaan fantastis di dunia ini?

Majalah bisnis dan finansial di Amerika, Forbes, setiap tahun merilis daftar nama-nama orang terkaya di dunia.

Inilah 9 orang terkaya di dunia tahun 2012 versi majalah Forbes.

 

1. Carlos Slim Helu

Dengan kekayaan senilai 74 miliar dolar Amerika, Carlos Slim menduduki peringkat pertama orang terkaya di dunia. Lahir di Meksiko City, Meksiko, 19 Januari 1940, Carlos Slim mengawali kariernya sebagai  pialang saham. Kemudian, ketika krisis ekonomi melanda Amerika Latin pada dekade 80-an, Carlos Slim mulai mengambil alih kepemilikan sejumlah perusahaan.

Kini, Carlos Slim adalah pemilik berbagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, perbankan, dan telekomunikasi.  Teléfonos de México, sebuah perusahaan telekomunikasi milik Carlos Slim, saat ini mengendalikan hampir 92 % saluran telepon di Meksiko. Perusahaannya yang lain, América Móvil, tercatat menguasai 70 % pasar di negara tersebut.

 

2. Bill Gates

Pemilik nama lengkap William Henry Bill Gates III ini menduduki peringkat kedua dalam jajaran orang terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar 56 miliar dolar Amerika. Bill Gates lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 28 Oktober 1955.

Bill Gates sukses mendirikan dan menjalankan sebuah perusahaan software komputer. Kini, Microsoft Corporation menjadi perusahaan terbesar dunia di bidang software komputer, dan mengantarkannya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

 

3. Warren Buffet

Peringkat ketiga orang terkaya di dunia diduduki Warren Buffet. Pria kelahiran Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930 ini memiliki kekayaan sebesar 50 miliar dolar Amerika. Warren Buffet adalah seorang pengusaha di bidang saham dan dikenal sebagai investor serta pebisnis ulung.

Warren Buffet adalah pemilik dari Berkshire Hathaway, yang memiliki tidak kurang dari 63 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha, antara lain penerbit surat kabar, retail permen, penjualan ensiklopedia, retail peralatan rumah tangga, penjualan vacuum cleaner, retail perhiasan, dan asuransi.

 

4. Bernard Arnault

Bernard Arnault menduduki peringkat empat dalam daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan yang dimilikinya sebesar 41 miliar dolar Amerika. Bernard Arnault lahir pada 5 Maret 1949.

Pria Prancis ini adalah pimpinan, CEO, serta pemegang saham terbesar dari sebuah perusahaan raksasa yang bermarkas di Paris, yaitu Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH). Perusahaan yang berkonsentrasi pada produksi dan pemasaran beragam produk mewah.

 

5. Larry Ellison

Larry Ellison memiliki kekayan sebesar 39,5 miliar dolar Amerika, yang menempatkannya pada posisi kelima dalam daftar orang-orang terkaya di dunia.

Pemilik nama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, pada 17 Agustus 1944. Larry Ellison adalah CEO dari databaseOracle Corporation, sekaligus salah seorang pendiri perusahaan tersebut. DatabaseOracle Corporation bergerak di bidang perangkat lunak.

 

6. Laksmi Mittal

Laksmi Narayan Mittal lahir pada 15 Juni 1950. Ia memiliki kekayaan sebesar 31,1 miliar dolar Amerika dan merupakan orang terkaya keenam di dunia.

Laksmi Mittal adalah pengusaha berkebangsaan India yang tinggal di London, Inggris. Dia adalah pemimpin dari  Mittal Steel Company NV, perusahaan produsen baja terbesar di dunia.

 

7. Amancio Ortega

Memiliki kekayaan sebesar 31 miliar dolar Amerika, Amancio Ortega dijuluki sebagai Raja Tekstil dari Spanyol. Amancio Ortega lahir di Leon, Spanyol, pada 28 Maret 1936.

Dia adalah pemilik Industria de Diseno Textil, sebuah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang industri tekstil. Zara, sebuah rumah mode yang mendunia dan dipasarkan di lebih dari 65 negara, juga milik Amancio Ortega.

 

8. Eike Batista

Eike Batista memiliki kekayaan sebesar 30 miliar dolar Amerika. Pengusaha asal Brasil ini adalah pemilik OGX Petroleo e Gas Participaco-es SA, sebuah perusahaan minyak dan gas.

Eike Batista juga pemilik LLX Logistica SA, perusahaan pengiriman paket dan logistik.

 

9. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani adalah pengusaha asal India yang lahir di di Yaman, 19 April 1957. Mukesh Ambani menjabat sebagai pemimpin, pemilik saham terbesar, dan direktur pengelola pada Reliance Industries, yang bergerak di bisnis garmen, perminyakan, dan petrokimia.

Anak perusahaannya bergerak di bisnis retail. Mukesh Ambani memiliki kekayaan sebesar 27 miliar dolar.

kurus

Referensi:

orang terkaya di dunia, klub terkaya di dunia 2012, rumah orang terkaya di dunia 2012, orang kaya, orang terkaya di indonesia 2012, nama pengusaha tersukses di dunia, nama orang meksiko, pria tersukses di dunia, daftar pengusaha permen terkaya di dunia, cowok terkaya, pialang saham terkaya, orang terkaya di dunia tahun 2012, Nama pemilik perusahaan microsoft corporation, pria tersukses didunia, rumah orang kaya di dunia, nama orang amerika, nama pria tersukses, rumah-rumah orang raja terkaya di dunia 2012, 9 orang terkaya, 9 orang terkaya di dunia, orang kaya dari saham

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply