Health — 03 May 2012
9 Obat Alami yang Bisa Diandalkan

​Di zaman serba praktis saat ini, kita sering langsung minum obat atau pergi ke dokter saat merasa sakit.

Padahal terlalu sering mengonsumsi obat kimia dapat merusak fungsi ginjal.

Sebagai alternatif ganti obat kimia Anda dengan 9 obat alami ini untuk meredakan penyakit.

 

1. Pijat
Anda mengalami stres mental dan emosional kronis? Keduanya dapat berujung pada depresi. Jangan terburu-buru untuk minum obat depresi, sebagai gantinya pergilah ke salon dan mintalah untuk dimassage atau pijat. Para peneliti menduga, pijat mampu melepaskan hormon endorfin, sehingga meningkatkan suasana hati. Terapi pijat sama efektifnya dengan obat prozac dan paxil yang membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

2. Coklat
Semakin gelap coklat, semakin baik untuk kesehatan. Coklat dapat mengurangi tekanan darah bagi penderita hipertensi berat. Flavanol, senyawa yang terdapat dalam coklat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan membantu dinding arteri rileks. Konsumsi coklat 450 mg flavanol atau setara dengan segelas coklat panas, dua kali sehari sebagai tambahan obat hipertensi Anda.

3. Rhodiola
Tanamann yang lebih dikenal dengan Rhodiola Rosea sudah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad, khususnya Rusia, Skandinavia, dan Islandia. Tanaman ini tumbuh subur di negara dengan iklim dingin yang ekstrim. Rhodiola berfungsi mengatasi kecemasan dan meperkuat ketahanan mental. Ekstrak tumbuhan ini tersedia di toko makanan kesehatan, dan jangan lupa ikuti petunjuk pemakaiannya.

4. Bromelain
Masyarakat di Amerika Selatan sudah menggunakan bromelain selama berabad-abad sebagai penyembuh luka memar atau pembengkakan. Bromelain diambil dari ekstrak nanas atau jus nanas, namun kini dikemas praktis dalam pil. Karena bekerja dengan mengencerkan darah, sebaiknya konsultasikan kepada dokter, sebelum mengonsumsinya. Bromelain membutuhkan waktu 1-2 hari untuk bekerja.

5. Akupuntur
Pengobatan Cina ini dapat meredakan sakit kepala kronis dan nyeri punggung. Jarum akupuntur merangsang tubuh melepaskan opioid,s ehingga meredakan sakit. Para penderita arthritis biasanya disarankan melakukan metode pengobatan ini.

6. Teh hijau
Teh hijau dapat menyembuhkan rheumatoid arthritis, penyakit yang menyerang sendi dan organ tubuh lainnya. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang membantu menjaga kekebalan tubuh. Jika Anda sedang mengonsumsi obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Agar senyawa dalam teh hijau tidak menjadi bahaya terhadap ekrja obat tersebut.

7. Hipnotis
Wanita yang menjalani terapi hinotis selama lima minggu dapat mengurangi kecemasan akibat perubahan hormon pada masa menopause. Hipnotis juga mampu meningkatkan kualitas tidur.

8. Glucosamine/Chondroitin
Suplemen untuk sendi yang popular saat ini adalah glucosamine dan chondroitin. Senyawa-senyawa ini terdapat secara alamiah di dalam tubuh. Diminum dalam bentuk suplemen untuk membantu mengatasi sakit sendi arthritis. Menurut Arthritis Foundation, glucosamine adalah sejenis gula amino yang diduga dapat membantu pembentukan dan perbaikan tulang rawan. Chondroitin sulfate dapat membantu memberikan kelenturan pada tulang rawan.

9. Tai chi
Tidak bisa tidur di malam hari? Atau Anda penderita insomnia? Cobalah lakukan meditasi dengan tai chi. Tai chi awalnya dikembangkan sebagai sebuah seni bela diri di Cina lebih dari 2500 tahun yang lalu, dan dipraktekkan secara luas di seluruh Asia. [Berbagai Sumber]

kurus

Referensi:

glucosamine alami, glukosamin alami, sumber glukosamin alami, tanaman yang mengandung glukosamin, tumbuhan yang mengandung glukosamin, glucosamin alami, makanan yang mengandung glukosamin, sumber alami glucosamine, sumber glukosamin, tanaman mengandung glukosamin, tanaman herbal yang mengandung glukosamin, tanaman obat yang mengandung glukosamin, tanaman yang mengandung glucosamine, obat cina untuk depresi, tumbuhan yg mengandung glukosamin, tanaman kecemasan, glukosamin dari tumbuhan, tumbuhan mengandung glukosamin, Tanaman yg mengandung glukosamin, obat yang mengandung glukosamin, obat glucosamine chondroitin

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply