Female Health β€” 10 May 2012
9 Makanan Super bagi Kesehatan Wanita

​Ingin terus terlihat sehat dan cantik? Cobalah perhatikan dengan cermat kebutuhan gizi dan nutrisi yang Anda makan setiap hari. Mengonsumsi makanan sehat menjadi kunci penting bagi keawetan kulit Anda.

Menjadi cantik dan sehat di usia yang tak muda lagi, tentu saja impian semua kaum hawa. Pola makan yang sehat pastinya menjadi kunci utama.

Makanan yang dijuluki “Super Food” ini diyakini bisa membuat Anda tampil sehat, cantik dan awet muda. Berikut ada 9 makanan super bagi wanita.

1. Yogurt Rendah Lemak
Makanan yang berasal dari produk susu ini mengandung vitamin B tinggi. Kandungan kalsium dan protein tinggi juga menjadikan yogurt rendah lemak sangat ideal bagi wanita. Semua nutrisi tersebut amat penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neutransmitter dan enzim, sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Yogurt juga menjadi sumber utama kalsium, yang membantu melawan osteoporosis. Mengonsumsi semangkuk yogurt setiap hari juga membantu menurunkan risiko kanker payudara, mengurangi sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, hingga menurunkan risiko infeksi vagina.

2. Ikan
Ikan, seperti salmon, sarden, tuna, dan makarel, kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 ini membantu mengurangi risiko pembentukan darah beku yang sering terjadi akibat penggunaan pil KB. Omega-3 pada ikan juga melindungi berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, hipertensi, depresi, nyeri sendi, arthritis rheumatoid dan masalah reproduksi, bahkan risiko penyakit Alzheimer.

Omega-3 juga baik untuk mengembangkan fungsi otak dan penglihatan janin bagi ibu hamil atau menyusui. Konsumsilah omega-3 dua hingga tiga porsi setiap minggu, yang meningkatkan kadar serotonin untuk membantu memerangi depresi.

3. Kacang
Kacang melawan penyakit jantung dan kanker payudara karena kaya akan rendah lemak dan kolesterol, serta menjadi sumber protein yang baik dan serat. Protein nabati yang terkandung dalam kacang juga mencegah risiko kanker usus besar dan membantu wanita melalui masa menopause. Pastikan mengonsumsinya tiga hingga empat porsi setiap minggu untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Cokelat Hitam
Cokelat hitam mengandung antioksidan pelindung yang membantu mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Cokelat juga mengandung magnesium, fosfor, tembaga dan seng, yang menjadi nutrisi penting untuk tetap membuat tulang kuat. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa mengonsumsi seperempat porsi cokelat setiap hari bisa menurunkan tekanan darah, mempertajam ingatan dan menghidrasi kulit. Cokelat juga selalu menjadi teman setia wanita saat sedang menstruasi.

5. Pepaya
Buah ini menjadi sumber yang baik untuk kalium dan vitamin C. Pepaya juga mengimbangi efek berbahaya dari mengonsumsi sodium berlebihan pada tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki risiko yang lebuh tinggi terkena batu empedu dibandingkan pria. Sehingga, mengonsumsi pepaya membantu memerangi penyakit kantung empedu. Namun, wanita hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi pepaya karena buah ini bisa menyebabkan keguguran. Konsumsi dua potong pepaya setiap hari untuk rasakan manfaatnya.

6. Tomat
Tomat mengandung antioksidan yang kuat, yang dikenal dengan Likopen. Likopen membantu memerangi kemungkinan risiko kanker payudara. Tomat juga melindungi kulit wanita dari sinar UV yang berbahaya dan membuat wanita tetap muda dan langsing. Yuk, makan tomat satu porsi setiap hari.

7. Gandum Murni
Mengonsumsi gandum membantu menurunkan tekanan darah dan menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak Anda. Makan makanan yang mengandung gandum, seperti roti putih, beras merah, roti gandum, dan oatmeal sangat baik bagi Anda yang sedang diet, karena gandum mengandung banyak serat yang baik bagi sistem pencernaan dan memberikan rasa kenyang dengan jumlah kalori yang lebih sedikit.

Otak membutuhkan supply glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan itu. Serat yang terdapat dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

8. Buah Berry
Buah-buahan dari keluarga Berry ternyata melindungi tubuh dengan nutrisi anti-karsinogenik. Berry juga mengandung anthocyan, zat pigmen yang diyakini memainkan peran dalam membantu melawan penuaan pada kulit. Buah-buahan ini juga tinggi vitamin C dan asam folat yang penting bagi janin dalam kandungan ibu hamil.

Berry juga memiliki kandungan anti-oksidan paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Anti-oksidan dalam buah-buahan berry tak hanya melindungi jantung, tapi juga memperbaiki dalam fungsi daya ingat. Buah cranberry membantu penglihatan Anda dan mengurangi resiko infeksi saluran kemih yang banyak diderita para wanita dari semua umur. Makanlah buah-buahan berry sebanyak tiga hingga empat porsi (strawberry, blueberry, raspberry, cranberry) setiap minggu.

9. Bayam
Bayam terkenal sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung asam folat, yang mencegah lahir cacat pada bayi, penyakit jantung, kanker usus besar dan demensia. Bayam juga membantu kulit dari kerusakan dan menunda kerutan, garis halus dan kulit kasar seiring bertambahnya usia. Mari, biasakan makan bayam dua hingga tiga porsi setiap minggu. [Source: Ghiboo.com]

kurus

Referensi:

manfaat tomat untuk ibu hamil, tomat untuk ibu hamil, manfaat tomat bagi ibu hamil, manfaat cranberry untuk ibu hamil, manfaat oatmeal untuk ibu hamil, khasiat tomat untuk ibu hamil, manfaat makan ikan tiap hari, manfaat tomat untuk ibu menyusui, oatmeal untuk ibu menyusui, manfaat gandum untuk ibu hamil, tomat ibu hamil, oatmeal untuk ibu hamil, manfaat gandum bagi ibu hamil, manfaat oatmeal untuk ibu menyusui, buah-buahan yang serba untuk ibu mengandung, manfaat makan pepaya setiap hari, makan pepaya tiap hari, ibu hamil makan tomat, manfaat makan gandum, manfaat tomat buat ibu hamil, manfaat tomat untuk bumil

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply