World โ€” 14 February 2012
9 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia

Letusan gunung berapi sanggup meluluhlantakkan bangunan dan lahan pertanian.

Juga mampu merenggut banyak nyawa, baik manusia maupun satwa.

Belum lagi udara atau air yang tercemar akibat muncratan abu dan gas beracun.

Sejarah mencatat sejumlah peristiwa gunung meletus yang amat dahsyat.

Inilah 9 letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah.

1. Gunung Vesuvius

Gunung Vesuvius terletak di Italia Selatan, tepatnya di Teluk Maples. Sepanjang yang diketahui, gunung ini telah meletus setidaknya 30 kali. Letusan terdahsyat terjadi tahun 78 Masehi. Seorang penulis bernama Plinius Muda mencatat betapa mengerikan bencana yang melanda ketika itu. Hari itu, awan gelap yang besar muncul dari mulut gunung, lalu menuruni lereng dan menutupi semua yang ada di sana, termasuk laut.

Awan dan debu menutup matahari, siang pun berubah gelap gulita. Letusan gunung ketika itu disertai tsunami dan gempa bumi. Akibat peristiwa tersebut, Kota Pompeii dan Stabiae terkubur. Selama 1.600 tahun, Pompeii lenyap sebelum ditemukan kembali. Para arkeolog memperkirakan bahwa tidak kurang dari 1.000 orang terenggut nyawanya dalam bencana itu.

2. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda, antara Sumatra dan Jawa. Gunung ini meletus sangat dahsyat pada Agustus 1883. Kekuatan letusan Gunung Kratatau ketika itu diperkirakan setara 30. 000 kali kekuatan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

Suara letusannya terdengar hingga ke Australia dan sebuah pulau di dekat Afrika. Debunya berhamburan di langit Norwegia hingga New York. Perubahan iklim global pun terjadi. Debu vulkanis yang menutupi atmosfer mengakibatkan dunia gelap selama 2,5 hari. Bahkan selama setahun berikutnya, matahari hanya mampu bersinar redup. Tsunami dan awan panas akibat letusan Krakatau menewaskan sekitar 36.000 orang.

3. Gunung St Helens

Gunung St. Helens berada di Skamania County, Washington, Amerika Serikat. Letusan dahsyat gunung ini terjadi pada 18 Mei 1980. Akibatnya, puncak gunung berkurang menjadi 2.550 meter dari yang semula 2.950 meter. 57 orang tewas dalam peristiwa tersebut. Letusan Gunung St. Helens kala itu tercatat sebagai letusan gunung terparah sepanjang sejarah Amerika.

4. Gunung Tambora

Gunung Tambora berada Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada April tahun 1815, gunung ini meletus dahsyat. Suara letusannya terdengar hingga Pulau Sumatra. Abu vulkanik jatuh hingga di Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Jawa. Korban jiwa akibat letusan gunung yang disertai tsunami itu diperkirakan mencapai 71.000, baik tewas secara langsung karena letusan gunung maupun tidak langsung.

Panas yang ditimbulkan mencapai lapisan ozon, menyebabkan perubahan iklim dunia. Tidak ada musim panas di Eropa dan Amerika Utara sepanjang setahun berikutnya. Perubahan iklim yang drastis ini mengakibatkan banyak kegagalan panen, juga kematian ternak. Akibatnya, bencana kelaparan terburuk pada abad ke-19 melanda Belahan Utara (setengah permukaan Bumi di sebelah utara garis khatulistiwa).

5. Gunung Eyjafjallajokull

Gunung Eyjafjallajokull berada di Islandia. Gunung ini tercatat meletus dahsyat pada April 2010. Semburan abu vulkanik dari gunung ini menyebabkan lalu lintas udara Eropa kacau. Akibatnya, perekonomian terganggu, ribuan penumpang tertahan di bandara, dan produk-produk pertanian membusuk karena tidak bisa dikirim.

6. Gunung Pelee

Gunung Pelee berada di wilayah Martinique, Prancis. Gunung dengan ketinggian lebih dari 4.500 kaki ini meletus dahsyat pada Mei 1902. Letusan gunung ini menghancurkan Desa Santo Pierre dan menewaskan lebih dari 30.000 orang.

7. Gunung Thera

Gunung Thera berada di Pulau Kreta, di wilayah Mediterania. Gunung ini meletus tahun 1630 SM, dengan kekuatan diperkirakan mencapai 4-5 kali kekuatan letusan Krakatau. Letusan dahsyat yang mengubur berbagai wilayah di kepulauan tersebut dan menyebabkan punahnya kebudayaan Minoan.

8. Gunung Nevado del Ruiz

Gunung Nevado del Ruiz berada di Kolombia. Gunung ini meletus hebat tahun 1985. Laharย  dari letusan ini mengubur kota dan menelan korban jiwa hingga 23.000.

9. Gunung Pinatubo

Gunung Pinatubo berada di Pulau Luzon, Filipina. Letusan gunung ini yang terjadi tahun 1991, menghancurkan wilayah di sekitarnya. Beruntung, prediksi atas letusan iniย  berhasil. Jadi, banyak jiwa dapat diselamatkan.

kurus

Referensi:

gunung meletus, gunung meletus terdahsyat di dunia, gunung st helens, letusan gunung berapi terdahsyat di dunia, letusan gunung terdahsyat di dunia, mastrubasi, gambar gunung meletus, peristiwa gunung meletus, gunung st helena, letusan gunung berapi terdahsyat, gunung st helen, gunung berapi di dunia, letusan gunung terdahsyat, gunung st helens meletus, gunung helena, letusan gunung api terdahsyat, letusan gunung st helena pada tahun 1980, letusan Gunung St Helena, foto gunung meletus terdahsyat, gunung meletus terdahsyat, gunung berapi terdahsyat

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply