Female Health — 12 October 2012
9 Langkah Sukses Menyusui

Kesuksesan menyusui bukan hanya ada di tangan ibu. Tetapi juga dukungan pasangan, keluarga, teman dan orang-orang sekitar.

Menyusui memang bukan hal yang mudah. Jangan segan untuk bertanya pada dokter atau mendatangi klinik laktasi.

Kegagalan menyusui banyak disebabkan karena ketidaktahuan para ibu.

Berikut sembilan hal yang penting diketahui para ibu demi kesuksesan menyusui.

1. Langsung menyusui setelah melahirkan
Segera setelah melahirkan, lakukan inisiasi menyusui dini (IMD). Katakan hal ini pada dokter atau bidan Anda, karena akan sangat berpengaruh pada kemampuan bayi mencari puting susu ibu.

2. Minta bantuan
Jika terasa nyeri atau sakit pada awal menyusui, segera minta bantuan. Bisa jadi karena posisi menyusui Anda salah. Jangan tunggu sampai rasa sakit makin menjadi.

3. Tidur cukup
Tidurlah saat bayi Anda tidur. Ini sangat penting untuk mengurangi risiko depresi pascamelahirkan dan stres yang bisa berpengaruh buruk pada produksi air susu ibu (ASI).

4. Gunakan bra menyusui
Untuk mempermudah Anda menyusui, gunakanlah bra yang didesain khusus untuk menyusui. Sehingga payudara tetap tersangga dengan baik dan Anda juga merasa nyaman.

5. Pijat melingkar
Sebelum mulai menyusui, pijatlah payudara dengan gerakan melingkar seperti memutarnya.

6. Seimbang
Jangan hanya menyusui dengan satu payudara saja. Seimbangkan penggunaan payudara kiri dan kanan.

7. Lindungi puting
Untuk menghindari luka di sekitar puting karena gesekan, berilah minyak secara teratur pada puting. Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau baby oil.

8. Perbanyak minum
Pastikan Anda juga banyak minum saat menyusui. Ini bukan tentang meningkatkan produksi ASI, tetapi membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari dehidrasi setelah menyusui.

9. Mulut bayi terbuka lebar
Pastikan mulut bayi terbuka lebar saat ia mengisap ASI. Areola, lingkaran hitam di sekitar puting, harus masuk ke dalam mulut bayi, agar ia bisa lebih mudah mengisap dan payudara ibu tak terasa sakit. [VivaNews]

kurus

Referensi:

dampak setelah menyusui pacar, akibat menyusui pacar, Cara menyusui pacar yang hot, dampak menyusui pacar, menyusu dengan pacar, manfaat netein pacar, cara menyusui pacar agar puting tidak hitam, Menyusi pacar, cara menyusui pacar dan gambarnya, cara ampuh menyusui pacar, dampak netekin pacar, cara menyusui pacar cowok, apa akibat menyusui pacar, cerita menyusu pada pacar, Making love menyusui pacar, manfaat menyusu pacar, manfaat nyusuin pcar, cara menyusu dengan pacar, menyusui payudara pacar, menyusui saat pacaran, cara menyusui pacar yang membuat payudara sehat

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply