Techno — 29 March 2012
9 Kebiasaan Buruk Pengguna Teknologi

Sibuk dengan pekerjaan, mengurus anak dan keluarga, sekolah, atau kegiatan lainnya, terkadang membuat kita lupa dengan hal-hal kecil dan sepele saat menggunakan perangkat teknologi dan telekomunikasi.

Apakah Anda termasuk orang yang melakukan 9 kebiasaan buruk ini?

1. Kerja dengan Posisi Tidak Ergonomis
Duduk berjam-jam di depan komputer, baik itu di kantor atau di rumah, adalah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan pengguna teknologi. Misalnya, jarak pandang monitor yang tidak pas, kursi yang tidak menyokong punggung dengan baik, atau meja yang terlalu kecil/tidak sesuai dengan perawakan.

Hal itu bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh cedera kecil. Nah, bagaimana bekerja dengan komputer yang sehat? Berikut tipnya.

* Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya.
* Atur posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 sentimeter di atas arah pandang mata.
* Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, gunakan filter atau pelindung anti-silau.
* Duduklah dengan jarak sekitar satu rentangan tangan dari monitor.
* Kaki harus dapat menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil.
* Jika menggunakan alat pemegang/penjepit dokumen, samakan tingginya dengan layar monitor.
* Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus saat menggunakan keyboard/mouse.
* Lengan dan siku berada dalam posisi santai dekat dengan tubuh Anda.
* Posisikan monitor dan keyboard di tengah hadapan Anda.
* Gunakan keyboard yang memiliki bagian pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi.
* Gunakan alas kerja atau meja yang stabil dan tidak goyah.
* Sesekali lakukan istirahat dengan berdiri, perenggangan dan melihat ke arah lain.

2. Membiarkan Gadget Kotor
Jangan biarkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda kotor. Menurut sebuah penelitian, 16 persen dari sampel ponsel yang pernah disurvei ternyata terkontaminasi dengan bakteri E.coli, bakteri yang ada pada kotoran manusia dan umumnya ditemukan dalam usus besar manusia. Survei ini mencoba mengungkapkan bahwa orang tidak mencuci tangan dengan benar setelah ke toilet.

Bayangkan jika setelah itu Anda memegang gagang pintu, makanan, atau ponsel, bakteri tersebut bisa pindah ke orang lain atau masuk ke dalam tubuh. Sementara itu keyboard ternyata mengandung kuman 60 kali lebih banyak dari dudukan toilet umum. Karena itu biasakan membersihkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda sekali sehari, atau setidaknya seminggu sekali dengan bahan pembersih yang tepat untuk mengurangi pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa membuat Anda sakit.

3. Terobsesi dengan Ponsel
Bagaimanapun, perangkat telekomunikasi seperti smartphone telah banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Namun ingat, gara-gara gadget tersebut hubungan kita dengan teman dan anggota keluarga bisa retak.

Karena itu, pakailah smartphone di saat yang tepat. Jangan sibuk chatting-an/berjejaring sosial terus saat sedang makan dengan keluarga/teman, jangan chatting saat sedang berbicara dengan orang, dan pelankan suaramu ketika berbicara di tempat umum.

4. Tidak Memback-up Data
Sebagian besar dari Anda mungkin masih banyak yang belum memback-up isi komputer secara teratur. Back-up data Anda ke hard drive eksternal dan pastikan bahwa dokumen dan data-data penting yang Anda butuhkan telah diback-up dan disimpan dengan aman.

5. Nge-game Terlalu Lama
Anda maniak game? Jika iya, jangan sampai keasyikan nge-game dan lupa waktu. Apalagi sampai lupa makan dan istirahat. Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa berbahaya buat jantung dan muncul gumpalan darah yang fatal. Sementara itu, kebanyakan duduk diam (kurang beraktivitas) juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Karena itu, cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan peregangan otot setiap 15 menit untuk memperlancar peredaran darah dan mengistirahatkan mata.

6. Jarang Men-shutdown Laptop
Beberapa laptop generasi terbaru sekarang sudah dilengkapi fitur hibernate otomatis. Anda hanya perlu menutup layar laptop, lalu sistem operasi laptop akan ‘istirahat’ dengan sendirinya. Namun, jika Anda ingin mesin komputer Anda berumur lebih panjang sebaiknya tidak sering-sering meng-hibernate laptop, apalagi dibuat dalam posisi standby.

Disarankan untuk men-shutdown laptop setelah selesai digunakan agar sistem mati secara sempurna. Selain itu, rutinlah membersihkan ventilasi udara laptop dengan kain pembersih agar laptop Anda bisa beroperasi lebih efisien.

7. Membawa Gadget ke Tempat Tidur
Apakah Anda sering merasa kurang tidur belakangan ini? Bisa jadi teknologi penyebabnya. Membawa tablet, smartphone atau laptop ke tempat tidur di malam hari seringkali menjadi penyebab utama masalah tidur. Pasalnya, otak Anda akan dirangsang untuk berpikir terus, sehingga menunda fungsi tubuh tertidur.

Karena itu cobalah menjauhkan teknologi dari kasur, tutup dan matikan semua gadget Anda sebelum tidur.

8. Mengacuhkan Update System
Di komputer biasanya muncul peringatan “update system” secara berkala. Namun, tak sedikit pengguna komputer yang lebih memilih mengklik tombol “cancel” ketimbang harus me-restart komputer setelah update system.

Pastikan semua program, antivirus dan sistem operasi Anda sudah terupdate agar komputer Anda berjalan lancar dan aman.

9. Memakai Password yang Lemah
Apakah Anda memakai password yang mudah ditebak, misal 1234 atau abcd? Jika ya, Anda berisiko besar untuk kena hack. Ujung-ujungnya, data dan identitas Anda jadi sasaran hacker. Gunakan password yang kuat agar akun Anda tidak mudah dibobol. [Source: MetroTV]

kurus

Referensi:

KEBIASAAN BURUK, Kebiasaan buruk siwon, layar laptop flickr, kegiatan tidak ergonomis, cara menghibernate laptop, anak kcil masturbasi, contoh sikap kerja yang tidak ergonomis, contoh sikap kerja yang ergonomis, contoh gambar posisi kerja yang tidak ergonomis, Gambar kegiatan buruk, laptop orang korea, kebiasaan, contoh ergonomis buruk, buruk komputer, suami keasyikan ngegame, cara duduk yang baik ketika menggunakan komputer, cara mendekati cowok maniak game, contoh perilaku buruk penggunaan komputer di dunia kerja, contoh kerja yang ergonomis dalam kehidupan sehari-hari, contoh kebiasaan buruk di rumah, contoh gambar posisi kerja tidak ergonomis

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment