Travel World — 10 February 2012
9 Istana Terindah di Dunia

Anda penyuka sejarah, sekaligus pencinta keindahan?

Informasi berikut ini pasti sangat menarik untuk Anda simak.

Inilah 9 istana terindah di dunia.

Ke-9 istana ini telah berumur ratusan tahun, tetapi pesonanya tidak pernah pudar.

 

1. Kastil Neuschwanstein

Kastil Neuschwanstein berada di Desa Hohenschwangau (Schwangau), tidak jauh dari kota Füssen, di barat daya Bayern, Jerman. Kastil Neuschwanstein dibangun pada abad-19, atas perintah Raja Ludwig II.

Keindahan Kastil Neuschwanstein memang tiada tara. Saking indahnya, konon istana ini telah menginspirasi penciptaaan istana Sleeping Beauty, salah satu karakater Disneyland ‘s yang sangat populer itu. Istana ini juga tercatat sebagai bangunan yang paling banyak dipotret. Namun, ada larangan memotret interiornya.

2. Istana Matsumoto

Istana Matsumoto berada di Kota Matsumoto, Jepang. Istana Matsumoto dibangun tahun 1504. Istana ini dikenal pula sebagai Istana Gagak karena temboknya berwarna hitam.

Pada tahun 1868, Istana Matsumoto hendak dilelang. Beruntung, seorang tokoh masyarakat Matsumoto bernama Ichikawa Ryozo segera melakukan kampanye menentang rencana tersebut. Istana Gagak kemudian diambil alih oleh pemerintah kota.

3. Istana Potala

Istana Potala berada di Bukit Merah, Kota Lhasa, Tibet. Istana ini merupakan tempat kediaman Dalai Lama dan menjadi tempat kegiatan keagamaan serta politik. Istana Potala pertama dibangun abad ke-7, kemudian dibangun kembali abad ke-17 oleh Dalai Lama ke-5.

Bangunan Istana Pola bertingkat 13, dengan tinggi mencapai 110 meter. Istana ini berukuran 400 meter x 350 meter, memiliki lebih dari 10.000 tempat pemujaan, 1.000 kamar, dan 200.000 patung.

Di atap bangunan, terdapat penangkal petir yang terbuat dari emas. Di kompleks bangunan ini, terdapat pagoda yang dilapisi emas seberat 3.724 kilogram, dengan bertatahkan intan, mutiara, zamrud, batu akik, dan batu giok. Istana ini berulang kali tersambar petir dan dilanda gempa bumi, tetapi tetap mampu berdiri megah hingga hari ini.

4. Istana Predjama

Istana Predjama atau Kastil Predjamski berada sekitar 11 kilometer dari kota Postojna, Slovenia. Istana Predjama dibangun secara bertahap mulai abad ke-13.

Istana ini sedemikain eksotis karena dibangun menyatu dengan gua, dan berada di tebing setinggi 123 meter. Sebuah strategi brilian agar kastil tidak mudah dimasuki musuh.

5. Kastil Praha

Kastil Praha (Prague Castle) berada di Praha. Kaisar-kaisar Suci Romawi, raja-raja Ceko, dan Presiden Republik Ceko pernah menjadikan kastil ini sebagai kantor.

Kastil Praha merupakan kompleks istana terbesar di dunia versi Guinness Book of World Records. Luasnya hampir mencapai 70.000 meter persegi.

6. Istana Nasional Pena

Istana Nasional Pena atau Palácio Nacional da Pena berada di São Pedro de Penaferrim, Sintra, Portugal. Arsitek bangunan istana ini merupakan perpaduan antara selera eksotik romantis dengan gaya Neo-Manuelisme, Neo-Gothic, Neo-Renaissance, dan Islamic.

Oleh Presiden Republik Portugal, Istana Nasional Pena sering digunakan untuk menyelenggarakan upacara kenegaraan dan berbagai acara resmi lainnya.

7. Kastil Malbork

Kastil Malbork berada di tepi Sungai Nogat sebelah tenggara, Polandia. Istana ini dibangun tahun 1274. Setengah bagian istana ini mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II.

Kerusakan istana bertambah hebat ketika terjadi kebakaran pada tahun 1959. Kastil Malbork mulai dibangun kembali sejak tahun 1962. Walaupun pembangunan kembali telah dilakukan pada sebagian besar bangunan istana, katedral utamanya masih hancur.

8. Istana Versailles

Istana Versailles berada di Versailles, Paris, Prancis. Istana ini dibangun tahun 1624 atas perintah Louis XIII, sebagai tempat peristarahatan raja setelah berburu. Pada tahun 1661, Louis XIV menjadikan Istana Versailles sebagai kediaman resmi raja Prancis.

Di belakang istana, terdapat taman yang luasnya mencapai 800 hektar. Dari bagian belakang istana pula, terlihat hamparan hutan yang digunakan raja sebagai tempat berburu. Juga kolam-kolam istana, Grand Canal, dan kanal buatan dengan panjang mencapai 1,5 km. Istana Versailles dijadikan museum nasional sejak tahun 1837.

9. Istana Hunyad

Istana Hunyad berada di Transylvanian Hunedoara, Rumania. Istana ini merupakan bagian dari Kerajaan Hongaria hingga tahun 1541. Kemudian, menjadi bagian dari Kepangeranan Transylvania.

Istana Hunyad diyakini sebagai tempat Vlad III dari Wallachia dipenjarakan. Konon,  Vlad III dipenjara selama tujuh tahun di sana.

kurus

Referensi:

istana terindah di dunia, kastil terseram di dunia, istana terindah, kota terindah di dunia, desa terindah di dunia, istana, kastil terindah di dunia, istana terseram di dunia, gunung terindah di dunia, istana terindah didunia, kastil terseram, kastil terangker di dunia, 9 istana jerman, desa terindah di jerman, gambar istana terindah, istana terbesar di dunia, gambar istana, istana terseram, Emas terindah, kastil neuschwanstein, gambar istana terindah di dunia

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment

  1. bagus, mewah menakjubkan, tertarik sekali, terimakasih infonya,

Leave a Reply