Techno β€” 31 October 2012
9 Fitur Andalan Windows Phone 8

Windows Phone 8 telah diresmikan Microsoft. Penerus Windows Phone 7 ini tentu saja dibekali dengan bermacam kemampuan baru.

Memang, Microsoft coba mengandalkan Windows Phone 8 untuk mendobrak hegemoni iPhone dan Android di pasar smartphone. Karenanya, mereka pun sangat serius mengembangkannya.

Fitur unggulan apa saja yang ada di Windows Phone 8? Berikut di antaranya seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber.

1. Mirip Windows 8
Windows Phone 8 mirip dengan sistem operasi Windows 8 yang dipakai di perangkat PC. OS mobile ini memang menggunakan kernel Windows dan berbagai macam arsitektur Windows. Artinya, user akan mendapatkan pengalaman yang mirip dengan Windows 8 versi layar sentuh. Misalnya browser Internet Explorer 10 mirip dengan versi desktop.

Demikian juga fitur sekuriti seperti enskripsi, platform multimedia, juga setali tiga uang dengan Windows 8. Dengan demikian, pengalaman pemakaian di Windows Phone 8 dan Windows 8 tidak jauh berbeda. Bagi developer, hal ini juga memberi kemudahan dalam membuat aplikasi di perangkat mobile maupun laptop Windows.

2. Mendukung multi core
Microsoft menjadikan Windows 8 mendukung CPU multicore sampai 64 core. Artinya, di masa depan handset Windows Phone 8 pun bisa memakai prosesor quad-core seperti para pesaingnya. Resolusi layar juga di-upgrade. Selain mendukung 800×480 pixel, juga mendukung resolusi definisi tinggi 1280×768 dan 1280×720. Selain itu, support microSD kabarnya juga ditingkatkan. Pengguna bisa bisa mengeluarkan atau memasukkan microSD tanpa perlu melakukan restart.

3. Start screen
Jika dilihat sepintas, start screen atau layar utama Windows Phone 8 sama saja dengan Windows Phone 7. Namun sekarang lebih mudah dikustomisasi. Sebab live tiles sudah mendukung tiga ukuran. Pengguna pun bisa dengan mudah mengubah ukuran live tile sesuai dengan keinginannya dan bisa pula dipindah pindahkan di seluruh area start screen. Jadi interface Windows Phone 8 bisa diubah-ubah dengan mudah.

4. Integrasi Skype
Skype beberapa waktu lalu telah diakusisi oleh Microsoft. Tidak mengherankan jika Skype terintegrasi secara mendalam di Windows Phone 8.
Misalnya, pengguna bisa menerima notifikasi chat atau panggilan Skype meskipun aplikasinya tidak terbuka. Pengguna juga bisa menggunakan fitur call waiting untuk berpindah dari Skype ke panggilan biasa yang datang.

5. Nokia Maps
Nokia Maps menjadi fitur bawaan Windows Phone 8. Fitur ini dinilai sebagai nilai lebih, sebab aplikasi peta besutan Nokia ini sering dinilai sebagai salah satu yang terbaik. Dengan Nokia Maps, Windows Phone 8 memang punya peta yang handal. Dengan data yang dipasok dari Navteq, petunjuknya pun lumayan akurat di hampir semua negara. Disediakan data trafik, pemandangan udara dan informasi lainnya untuk 180 negara.

6. Internet Explorer 10
Pengalaman menjelajah internet di Windows Phone 8 diklaim lebih baik dari versi sebelumnya. Microsoft menyediakan Internet Explorer 10 yang lebih cepat dan juga lebih aman. Bagian dress bar memiliki tiga fungsi, yaitu untuk refresh, favourites dan tabs. Sedangkan fitur bernama SmartScreen Filter mampu memperingatkan pengguna jika mereka mengunjungi website yang tidak aman.

7. Kid’s Corner
Pengguna seringkali khawatir jika ponselnya digunakan oleh anak-anak. Misalnya data penting bisa terhapus secara tak sengaja atau mereka mengakses aplikasi yang tidak sesuai. Nah, masalah tersebut coba diselesaikan dengan fitur Kid’s Corner di Windows Phone 8. Dengannya, pengguna bisa membuat Start Screen baru dengan fungsi terbatas untuk digunakan oleh anak-anak. Pengguna pun bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan. Misalnya memblokir aplikasi tertentu dan sengaja dibuat tidak bisa melakukan SMS atau panggilan keluar.

8. Backup via cloud lebih baik
Di Windows Phone 8, pengguna bisa menyimpan banyak hal di cloud atau SkyDrive. Aplikasi, aplikasi + setting, SMS/MMS, dan bahkan video. Dengan demikian ketika pengguna mereset handsetnya, maka tidak perlu lagi susah-susah mendonwload semua software yang sudah ada. Semua data di cloud itu juga bisa disync dengan mudah.

9. Xbox Music
Xbox Music, layanan musik terbaru dari Microsoft turut disertakan di Windows Phone 8. Di Xbox Music, pengguna bisa mendengarkan, menyusun ataupun membeli lagu favoritnya secara mudah. Microsoft menyatakan Xbos Music punya koleksi 30 juta lagu dari berbagai label ternama di seluruh dunia.Microsoft menjanjikan puluhan juta lagu dapat didengarkan secara cuma-cuma. Jika ingin mendapat berbagai fitur ekstra, maka user bisa membayar Xbox Music Pass senilai USD 9,9 per bulan.

 

kurus

Referensi:

fungsi xbox di windows phone, kegunaan kids corner, fungsi gold di xbox, browser andalan windows phone, kegunaan gold di xbox, susahnya aktifkan app xbox music windowsphone8 2016, fungsi xbox pada windows phone, fungsi kids corner windows 8, nilai lebih windows phone, Fungsi gold xbox, fungsi gold pada xbox, Yang jadi andalan ponsel wp 8, facebook tidak bisa di windows phone region indonesia, bisa gak windows phone instagram, aplikasi wp8 dan kegunaannya, aplikasi kids corner di wp8, aplikasi instagram bisa dibuka di WP8?, aplikasi dan kegunaanya wp8, Aplikasi andalan windows 8, apa guna xbox untuk hp windows, apa fungsi gold di xbox live windows phone

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply