Female World — 16 September 2012
9 Fakta Unik Tentang Cincin Pertunangan dan Cincin Kawin

Bicara soal cincin pertunangan dan cincin pernikahan, ceritanya tentu berbeda-beda di setiap negara.

Bahkan, ada lho cincin kawin yang justru dikenakan di jari kaki. Wah, lucu juga ya. Nah, baca keunikan-keunikan lainnya yuk.

Fakta Unik 1:
Di negara Amerika, Inggris, Prancis dan Kanada, cincin pertunangan dikenakan di jari manis tangan kiri. Mereka percaya bahwa di jari tersebut terdapat syaraf yang berhubungan langsung dengan hati. Sedangkan di negara seperti Jerman, India dan Norwegia, baik cincin pertunangan maupun cincin kawin dikenakan di jari tangan kanan.

Fakta Unik 2:
Sejak pecahnya perang dunia II, para pria populer melewati dua upacara, upacara pertunangan dan pernikahan. Di mana pada kedua upacara tersebut, pria diwajibkan memakai cincinnya. Kabarnya, kebiasaan ini berawal ketika jaman dahulu para pria berangkat ke medan perang. Mereka akan mengikat kekasihnya dengan cincin sehingga sepulang dari peperangan mereka dapat menikah.

Fakta Unik 3:
Kalau jaman dulu, sebenarnya cincin kawin bukan merupakan simbol cinta dan ikatan. Namun lebih kepada simbol bahwa sang mempelai pria mapan secara sosial.

Fakta Unik 4:
Menurut tradisi Hindu, cincin pertunangan atau cincin kawin tidak harus digunakan di jari tangan. Ada sebuah tradisi yang disebut dengan bichiya, yaitu pemasangan cincin di jari kaki sebagai lambang pertunangan.

Fakta unik 5:
Di Rumania, sebuah pernikahan dianggap sakral dan diharapkan langgeng. Sehingga untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke 25, suami istri akan bertukar cincin kembali dengan cincin berbahan perak. Sedangkan bila usia pernikahannya telah mencapai 50 tahun, maka pasangan suami istri tersebut akan bertukar cincin yang terbuat dari emas sambil mengulangi janji nikahnya.

Fakta Unik 6:
Claddagh adalah cincin tradisional yang berasal dari Irlandia. Umumnya digunakan sebagai cincin pertunangan, cincin kawin atau bahkan cincin persahabatan saja. Bedanya, cincin ini memiliki desain yang berbeda-beda, yang akan memperlihatkan bahwa itu adalah cincin pertunangan, cincin kawin atau hanya persahabatan saja. Cincin ini pertama kali dibuat pada abad ke-17.

Fakta Unik 7:
Cincin pertunangan dan cincin kawin itu beda. Menurut tradisi di Amerika, cincin pertunangan memiliki batu permata yang ukurannya jauh lebih kecil ketimbang cincin kawin.

Fakta Unik 8:
Di Amerika, cincin pertunangan boleh diminta kembali apabila pertunangan gagal. Berbeda dengan di Inggris, di mana cincin pertunangan tidak bisa diminta kembali apabila mereka yang berinisiatif mengajak putus.

Fakta Unik 9:
Jika emas putih atau platinum dikatakan sebagai bahan cincin yang terbaik, tunggu sampai Anda bertemu palladium. Palladium sendiri adalah jenis mineral terbaik untuk membuat perhiasan mewah. [Vemale]

kurus

Referensi:

cincin tunangan terindah, cincin pernikahan terindah di dunia, kata mutiara cincin tunangan, kata kata pertunangan, kata kata cincin tunangan, mitos cincin tunangan, cincin tunangan, pasang cincin tunangan, mitos tunangan, pemasangan cincin tunangan, gambar cincin tunangan di jari, kata mutiara pertunangan, kata kata indah pertunangan, kata kata mutiara pertunangan, cara memasang cincin tunangan, cincin kawin terindah, mitos pertunangan, kata mutiara tentang pertunangan, cincin kawin, kata cincin tunangan, cincin tunangan dan kata kata

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply