Health β€” 31 January 2013
9 Efek Paparan Microwave Pada Makanan

Kita kerap menggunakan microwave untuk memanaskan makanan.

Alasannya tentu untuk lebih menghemat waktu. Selain dipakai untuk memanaskan masakan, microwave bahkan juga seringkali digunakan untuk memasak makanan.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tidak sehat ini dapat memicu beberapa risiko kesehatan.

Berikut adalah sembilan efek paparan microwave pada makanan, dikutip dari Merdeka:

1. Karsinogen
Ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa radiasi microwave dapat mengkonversi bahan kimia organik dalam makanan menjadi karsinogen, senyawa penyebab kanker.

2. Membunuh antioksidan
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003 dan dirilis di Journal of Science of Food and Agriculture, microwave juga menghilangkan kandungan antioksidan dari makanan.

3. Jangan menghangatkan ASI dengan microwave
Kebiasaan buruk ini dapat menghancurkan protein dasar dalam ASI. Itulah sebabnya Anda tidak pernah dianjurkan untuk memanaskan ASI dalam microwave.

4. Radikal bebas
Anda kerap mencairkan makanan beku di microwave? Paparan microwave selama satu menit bahkan sudah cukup untuk menyebarkan efek radikal bebas pada makanan Anda.

5. Menghilangkan protein
Sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah organisasi ilmiah di Australia menunjukkan bahwa memasak dengan microwave dapat menghilangkan kandungan protein dalam makanan lebih cepat dari metode memasak normal.

6. Menghilangkan nutrisi vital makanan
Vitamin dan mineral yang hadir dalam makanan dapat terkikis sangat cepat jika dimasak dengan microwave. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa pemanasan microwave menghancurkan manfaat nutrisi dari makanan. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 1999 di Skandinavia menunjukkan bahwa allicin (nutrisi utama dalam bawang putih) hilang setelah melalui pemanasan 60 detik di microwave.

7. Degenerasi plastik
Plastik yang terus-menerus digunakan dalam microwave dapat mengalami degenerasi. Dan jika Anda kerap menggunakan plastik berkualitas rendah, mereka bisa meleleh karena panas dan kemudian tercampur dengan makanan, yang pada akhirnya memicu kanker.

8. Radiasi microwave mempengaruhi kesehatan jantung
Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Magda Havas dari Trent University menunjukkan bahwa radiasi dari microwave secara langsung mempengaruhi jantung. Hal ini dapat meningkatkan denyut jantung.

9. Sebabkan anemia
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Hans Swiss Hertel menunjukkan bahwa makan makanan yang dimasak dengan microwave untuk jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penurunan jumlah hemoglobin, sehingga meningkatkan kemungkinan anemia.

Sebaiknya, hindari pemakaian microwave secara berlebihan karena dapat memicu berbagai risiko kesehatan. Toh Anda tetap dapat memanaskan makanan tanpa bantuan microwave, bukan?

Follow twitter @hdpsehat dan kunjungi situs www.hdpsehat.com untuk mendapatkan tips seputar kesehatan terupdate.

kurus

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply