Health — 24 May 2012
9 Cara untuk Panjang Umur

Ucapan panjang umur seringkali terlontar saat seseorang merayakan ulang tahun.

Namun apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh usia yang panjang dan tetap bugar saat lanjut usia?

Berikut ini adalah sembilan cara agar panjang umur.

1. Menjaga pola makan
Berdasarkan penelitian yang dimuat di International Journal of Epidemiology, mengonsumsi sayuran dan makanan yang mengandung protein rendah lemak dapat menghindari kanker dan penyakit jantung. Kedua penyakit ini disebut-sebut sebagai penyakit yang paling banyak merenggut nyawa manusia.

2. Menjaga porsi makan
Selain teliti memilih makanan apa saja yang harus dikonsumsi, Anda juga perlu menjaga porsi makan. Hasil riset yang dimuat di Rejuvenation Research menyebutkan, dengan mengurangi porsi makan sebanyak 15% sejak usia 25 tahun, usia Anda akan bertambah 4,5 tahun. Ini disebabkan, menjaga porsi makanan dapat mencegah timbunan lemak yang mengakibatkan berbagai penyakit.

3. Hindari begadang
Tidur yang cukup dapat mengistirahatkan otak dan tubuh yang kelelahan. Sebuah studi yang dimuat di Archives of General Psychiatry menemukan orang-orang yang tidur kurang dari delapan jam per hari lebih mudah terkena penyakit dan stress.

4. Berhenti merokok
Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Seperti yang tertera dalam kemasannya, rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti impotensi, serangan jantung, kanker paru-paru, hingga gangguan janin.

5. Berolahraga
Siapa yang tidak tahu bahwa berolahraga merupakan cara paling ampuh dalam menjaga kebugaran tubuh? Sebuah penelitian yang dimuat di Archives of Internal Medicine memaparkan, lari pagi secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan gangguan syaraf, seperti Alzheimer.

6. Hindari sifat buruk
Pesimis, murung, dan sinis bukan sekedar sifat, namun dapat juga berpengaruh pada kesehatan. Terutama stress dan depresi, dapat menyebabkan penyakit pada fisik Anda, juga menambah kerutan di wajah sebagai tanda penuaan dini.

7. Menambah teman
Sejumlah studi membuktikan bahwa memperluas pergaulan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan membuat hati lebih bahagia. Persahabatan juga dapat menurunkan kadar depresi.

8. Tertawa
Tertawa meningkatkan aliran darah lebih dari 20% atau sama dengan satu sesi aerobik. Penelitian lebih jauh menunjukkan tertawa dapat meningkatkan sel-sel dalam tubuh yang ampuh menyerang virus dan sel tumor. Bahkan jika Anda memaksakan diri untuk tertawa, khasiatnya tetap sama, karena tubuh tidak dapat membedakan mana tertawa yang keluar secara spontan dan mana yang hanya berpura-pura.

9. Meredakan emosi
Orang-orang yang cepat marah lebih mudah terkena stress dan penyakit jantung dibandingkan orang-orang yang lebih sabar dan mudah meredakan emosi. [Berbagai Sumber]

kurus

Referensi:

cara tetep umur panjang, petua umur panjang, cara kaki seribu memperoleh makanan, Bugar sehat panjang umur, tippanjang umur, petua untuk umor panjang, cara tetap bugar sampai usia lanjut, cara umur panjang, cara menjaga kesehatan tubuh supaya menberi umur yang panjang ?, cara menjaga kesehatan agar panjang umur, cara menjaga agar umur panjang, Cara menaklukkan pasangan agar berhenti merokok, cara memperoleh panjang umur, cara mandi panjang umur, cara lansia pacaran, cara langgengkan usia pacaran, cara agar panjang umur, yang dilakukan di pantai dengan pacar, bagaimana memperoleh usia yang panjang, bagaimana cara menjaga agar panjang umur, apa yang harus dimakan supaya umur panjang

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment