Health β€” 25 February 2012
9 Cara Menyenangkan untuk Mencegah Pilek

Banyak obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi pilek. Tapi akan lebih baik menjaga virus flu agar tidak menyerang tubuh daripada mengobatinya. Ada banyak cara yang menyenangkan untuk mencegah terkena pilek.

Orang kadang menyamakan pilek dengan flu (influenza). Meskipun gejalanya hampir sama, tapi pilek lebih ringan dibanding flu yang disebabkan virus influenza. Sedangkan gejala flu biasanya lebih berat dan parah mulai dari demam, menggigil, sakit kepala, nyeri tubuh, batuk kering dan lemas yang amat sangat.

Berikut ini adalah 9 cara menyenangkan untuk mencegah pilek.

1. Makan Jamur
Jamur kancing putih mengandung protein antivirus kuat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurut penelitian di Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University. Irisan jamur dalam salad hijau nampaknya enak, tapi lebih nikmat jika disajikan bersama pizza.

2. Bernyanyi dalam shower
Menjaga hidung tetap lembab di udara musim dingin yang kering dapat mencegah virus berbahaya berkembang biak di hidung. Mandilah di kamar mandi penuh uap. Uap adalah pencegah pilek yang alami, dan mandi air panas akan mengencerkan lendir di saluran hidung.

Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke kamar mandi agar lebih mujarab. Minyak kayu putih memiliki sifat antimikroba ketika dihirup. Mulailah bernyanyi di tengah guyuran air shower. Penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi dapat mendorong pernapasan sehingga mengantarkan uap penyembuh ke dalam hidung.

3. Menari sendirian
Tai chi atau tarian lambat yang dilakukan sendiri bisa membangkitkan pertahanan tubuh melawan penyakit hingga 47 persen dan bahkan tiga kali lipat dibandingkan vaksin flu. Rahasia efek metode semacam tai chi ini terletak pada gerakan lambat dan kendali pernapasan.

Tai chi memiliki kekuatan untuk melawan kuman, meringankan stres, dan membantu tidur lebih nyenyak. Semua ini memberikan kontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Pergi dengan teman
Persahabatan adalah pembunuh virus pilek. Dalam sebuah studi di University of Pittsburgh mengenai virus flu yang hidup di hidung manusia, peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki persahabatan dan hubungan keluarga yang kuat paling kecil kemungkinannya terserang pilek.

5. Seks Dua kali Seminggu
Sebuah penelitian yang sering dikutip dari Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat daripada orang yang lebih jarang berhubungan seks.

Peneliti menganalisis air liur 111 orang relawan. Relawan yang melaporkan berhubungan seks hingga dua kali seminggu memiliki antigen imunoglobulin A (IgA) sebanyak 30 persen lebih dalam air liurnya. IgA merupakan antibodi yang berfungsi sebagai garis pertahanan pertama dalam tubuh melawan pilek dan flu.

6. Makan Sambal dan Kacang-kacangan
Makan kacang dan cabai adalah cara lezat agar badan menjadi panas setelah berjalan-jalan pada musim dingin dan dapat membantu mencegah pilek jika dibuat dengan bahan yang tepat.

Cabe berisi bahan-bahan penguat sistem kekebalan tubuh. Semua sayuran dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, tapi tomat lah yang paling kuat. Tomat mengandung potassium dan vitamin A dan C. Tahu dan kacang mengandung isoflavon untuk meningkatkan kekebalan, dan saus panas akan melonggarkan hidung untuk menghindari hidung mampet.

7. Pergi keluar rumah
Alasan mengapa orang paling sering menderita pilek di musim dingin adalah karena menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, di tempat tertutup, dan melakukan kontak dengan orang yang menularkan. Pergi keluar ruangan sebenarnya dapat mengurangi risiko terinfeksi.

8. Olahraga dan Bergaul
Olahraga teratur dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap pilek karena gerakan tubuh akan merangsang sel kekebalan tertentu,” kata David Nieman, DHSc, profesor ilmu kesehatan dan olahraga di Appalachian State University di Boone, NC.

Dalam penelitian yang membandingkan orang dewasa yang hanya menghabiskan waktu dengan duduk dengan orang dewasa yang cukup aktif (yang melakukan latihan 45 menit berjalan cepat lima hari dalam seminggu), peneliti menemukan bahwa risiko pejalan kaki terserang pilek dua kali lebih kecil daripada mereka yang jarang berjalan kaki.

Sebuah penelitian dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki jaringan sosial beragam ternyata lebih sedikit terserang pilek daripada orang yang tertutup dan terisolasi secara sosial.

9. Bermain Lumpur
Biarkan anak-anak bermain di tanah. Banyak ilmuwan percaya bahwa kotoran di bawah kuku telah membantu manusia dapat bertahan hidup dengan memperkenalkan bakteri dan virus kepada tubuh sehingga memacu perkembangan sistem kekebalan tubuh yang sehat. [Source: detikHealth]

kurus

Referensi:

pencegahan pilek, pencegah pilek, onani saat flu, masturbasi saat flu, masturbasi menyembuhkan flu, onani saat pilek, berhubungan intim saat flu, masturbasi mengobati flu, masturbasi pilek, masturbasi sembuhkan flu, cara bernyanyi saat flu, pilek masturbasi, onani menyembuhkan flu, mansturbasi menyembuhkan flu, apakah making love bisa menyembuhkan flu?, masturbasi mencegah flu, wanita mantrubasi untuk menyembuhkan flu, asturbasi mrnyembuhkan flu, apakah maaturbasi dapat menyembuhkan flu, bagaimana cara bernyanyi saat pilek, atasi pilek dengan masturbasi

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply