Business ā€” 18 April 2012
9 Cara Menjadi Bos Muda yang Sukses

Kita tak pernah terlalu muda untuk mejadi pemimpin.

Anda tak perlu merasa kecil di kantor, karena Anda masih minim pengalaman dan keahlian.

Anda hanya perlu bersikap baik, mengamati, belajar, dan jadilah seorang pemimpin muda.

Cobalah trik jitu berikut ini dan bangkitkan jiwa kepemimpinan Anda.

1. Persiapan sebelum masuk dunia kerja
Anda bisa melakukan banyak persiapan, sebelum Anda memasuki dunia kerja, misalnya, magang di perusahaan, menjadi relawan LSM, dan lain-lain. Banyak cara untuk membangun jiwa kepemimpinan yang Anda miliki. Mulai nimbrung di beberapa komunitas. Anda akan terbiasa bekerja dengan sistem dan bertemu dengan banyak orang di komunitas tersebut. Pengalaman-pengalaman itulah yang membuat jiwa Anda berkembang dan matang.

2. Kerjakanlah PR
Berperilakulah layaknya seorang pemimpin yang baik dan kerjakan tugas rumah Anda. Selesaikan apa yang memang menjadi tugas Anda.

3. Pelajarilah kondisi lingkungan kantor
Luangkan waktu untuk sekedar mencari tahu dan memahami kondisi lingkungan kantor Anda. Dengarkan dan lakukan observasi tentang bagaimana staf lama memperlakukan orang baru. Belajar dan segera beradaptasilah dengan lingkungan dan cara kerja kantor Anda. Ryan Kohnen, penulis Young Professional’s Guide to Success, mengatakan, “Pelajari tim Anda! Apa tanggung jawab, peran, dan filosofi bisnis mereka.”

4. Tetaplah belajar
Jadilah pribadi yang selalu ingin tahu dan mencari informasi-informasi baru. Jangan pernah menghakimi dan berasumsi tentang sesuatu terlalu cepat. Lakukan yang terbaik dan mintalah bantuan bila membutuhkannya.

5. Identifikasi area yang bisa dimasuki
Orang muda yang baru memasuki dunia kerja masih memiliki “keliaran” dalam berpikir daripada pekerja lama yang lebih tua. Kemukan saja ide-ide segar Anda, ketika kantor sedang menghadapi masalah.

6. Tawarkan bantuan
Jadilah seorang pekerja baru yang suka menolong. Sikap baik Anda akan melatih dan meningkatkan sikap kepemimpinan Anda di masa depan. Jika ada tugas yang bisa Anda kerjakan, maka tawarkan bantuan untuk menyelesaikannya.

7. Bekerjalah sesuai aturan
Taatilah aturan yang berlaku di kantor Anda. Jika Anda tidak mau mematuhi peraturan dasar di kantor Anda, maka perusahaan sulit memercayai Anda. Hormatilah peraturan kantor baik yang tertulis dan tidak tertulis.

8. Bergaulah
Luangkan waktu untuk bergaul dengan staf lain di kantor. Perlakukanlah mereka layaknya teman bukan partner kerja.

9. Selesaikan dengan baik
Mintalah saran atas pekerjaan Anda, tapi jangan tergantung pada orang lain. Selesaikan tugas Anda dengan baik dan hargailah bantuan dari orang lain. [Source: Merdeka.com]

kurus

Referensi:

sikap seorang pekerja, melatih jiwa kepemimpinan, cara melatih jiwa kepemimpinan, belajar menjadi jiwa pemimpin, belajar jiwa kepemimpinan, melatih jiwa pemimpin, cara menjadi bos yang baik, orang kantoran, cara melatih jiwa pemimpin, cara kerja tim di kantor, menjadi pekerja kantor yang profesional, orang muda yang sukses, gambar orang kantoran, Belajar jiwa pemimpin, cara melatih sikap kepemimpinan, jiwa kepemimpinan yang baik, cara sikap menjadi bos, cara mndekati pimpinan, cara mempersiapkan diri menjadi pemimpin, cara menjadi jiwa pemimpin, cara menjadi orang sukses muda

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply