Health β€” 17 January 2014
9 Cara Menata Makanan di Kulkas untuk Turunkan Berat Badan

Cara Anda menata makanan di lemari es ternyata bisa berpengaruh besar terhadapa keberhasilan diet penurunan berat badan.

Dr Brian Wansink, PhD, penulis buku Slim by Design: Mindless Eating Solution for Everyday Life, mengungkapkan ada beberapa cara mengatur lemari es untuk membantu menurunkan berat badan.

Mengatur letak makanan di kulkas, dapat melatih otak untuk lebih menginginkan makanan sehat, sehingga usaha Anda untuk punya tubuh ideal dapat tercapai.

1. Rak Teratas: Minuman Sehat
Dr Brian seperti dikutip dari Woman’s Day mengatakan, “Anda cenderung akan mengambil barang yang pertama Anda lihat saat membuka kulkas dibanding barang lainnya.” Oleh sebab itu, dia menyarankan untuk mengisi rak teratas kulkas dengan minuman rendah lemak seperti susu skim atau 100% jus buah tanpa gula. Anda juga dapat menyimpan beberapa botol air mineral agar mudah Anda ambil setiap hari merasa haus.

Susan Albers, PsyD, psikolog klinis dari Cleveland Clinic dan penulis buku Eat Q: Unlock The Weight-Loss Power of Emotional Intelligence menambahkan, “Tetap terhidrasi dengan baik, secara natural akan mengurangi nafsu makan. Memilih minuman rendah kalori akan memotong asupan kalori diet. Hal ini juga bisa membantu Anda mengurangi konsumsi soda sehingga akan mempercepat proses penurunan berat badan.”

2. Rak Teratas: Tambahkan Alat Ukur
Tak hanya makanan dan minuman, rak teratas pada kulkas Anda juga harus diisi dengan gelas maupun sendok untuk menakar makanan dan minuman sebelum masuk ke perut. Berdasarkan hasil studinya, Dr Brian menyatakan bahwa menakar makanan dan minuman sebelum mengonsumsinya, mampu mengontrol porsi Anda dan dapat menurunkan jumlah konsumsi hingga 71 persen. Wow!

3. Rak Kedua: Buah
Dr. Brian menyarankan untuk memasukkan buah-buahan segar ke dalam mangkok dan menaruh mangkok tersebut di rak kedua. Studi memperlihatkan, saat buah-buahan semakin terlihat dan semakin mudah dijangkau, maka konsumsi Anda akan meningkat setidaknya satu mangkok buah per hari. “Semakin sering Anda mengonsumsi buah-buahan segar dan terus menambah porsinya, dapat menurunkan berat Anda sekitar 10 kg per tahun”, tambahnya.

4. Rak Ketiga: Makanan Kaya Protein
Taruhlah telur rebus, daging ayam tanpa kulit setengah matang serta yogurt dan keju pada rak ketiga sebagai sumber protein Anda. “Orang yang mengonsumsi protein 2 ons lebih banyak pada setiap daging yang dia makan, akan menurunkan 31% konsumsi kalorinya”, kata Dr. Brian. Protein merangsang usus untuk melepaskan cholecystokinin, hormon yang menutup rasa lapar.

5. Laci Paling Bawah: Godaan Diet
Pada bagian bawah kulkas, biasanya terdapat sebuah laci yang membutuhkan sedikit usaha untuk membukanya. Taruhlah makanan-makanan yang dapat menggoda diet Anda di sini, seperti coklat, permen dan kue-kue. Dr Brian menjelaskan, “Keinginan untuk mengunyah snack akan menghilang sebagian, seiring susahnya mencari makanan tersebut di kulkas.”

6. Sisi Pintu: Saus
Tempatkan saus di sisi pintu kulkas Anda, seperti saus sambal, mustard pedas, saus salsa, serta bumbu-bumbu dan salad dressing beraroma tajam. Dengan menambahkan saus-saus rendah kalori ini pada makanan Anda, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga dapat menurunkan konsumsi 200 kalori per hari. Sebab makanan beraroma memberikan kesan visual yang lebih kuat sehingga membuat orang yang memakanannya merasa puas, kata Dr. Brian mengacu pada hasil penelitian dari Chigago’s Smell and Taste Treatment and Research Foundation.

7. Freezer: Penuhi dengan Makanan Sehat
“Menyimpan bahan makanan yang tepat di kulkas Anda, membuat Anda lebih susah untuk mencurangi diet,” kata Michelle May, MD, penulis buku Eat What You Love, Love What You Eat. Michelle menyarankan untuk menyimpan makanan seperti fish fillet, frozen vegetables, fruit bar dan buah berry di freezer Anda untuk memudahkan Anda menemukan makanan sehat.

8. Pintu Luar: Catatan Kecil
Dr. Brian menjelaskan bahwa bagian luar kulkas sama pentingnya dengan bagian dalam. “Kadang kita suka membuka kulkas tanpa tahu apa yang sebenarnya kita inginkan. Untuk itu saya menyarankan untuk menempel catatan kecil di pintu luar kulkas Anda.” Catatan tersebut bisa berupa pengingat seperti ‘Am I Really Hungry?’ atau kutipan inspiratif tentang diet sehingga Anda bisa menahan keinginan ngemil.

9. Seluruh Bagian: Harus Rapi
“Kulkas yang tidak rapi bukanlah teman yang baik bagi orang yang sedang diet. Makanan sehat akan tertutup oleh makanan lain sehingga akan mengganggu proses diet. Untuk itu rajinlah membersihkan dan menata kulkas seminggu sekali. Tempatkan makanan-makanan sehat di depan dan di tengah fokus Anda saat membuka kulkas tersebut,” saran Susan.

7 Day Slim – Menjadikan tubuh langsing dalam 7 hari.

kurus

Referensi:

brain dots cara menggambar orang ngentot bugil, mitos gluta lapunzel dokter susan, cara menata isi kulkas ala orang korea, cara menata isi kulkas satu pintu, cara menata isi lemari ala orang korea, cara agar otak sprti brayen, cara sakhira menurunkan berat badan, menata toples dalam kulkas, menata toples difrezer, cara menata masakan bagi orang korea

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply