Female — 02 March 2013
9 Cara Membangun Komunikasi Efektif dengan Anak

Memiliki keluarga yang bahagia adalah dambaan setiap insan. Tetapi di zaman modern saat ini, ikatan keluarga tampaknya bukan hal yang mudah untuk dijalin dengan baik.

Komunikasi adalah salah satu hal yang melatarbelakangi erat atau tidaknya hubungan sebuah keluarga.

Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga yang bahagia umumnya akan terbentuk menjadi makhluk sosial yang bertanggung jawab dan lebih percaya diri.

Jika Anda masih sulit untuk melakukannya, berikut sembilan tips untuk membangun komunikasi yang efektif dengan anak-anak, dikutip dari Merdeka.

1. Dengarkan anak Anda
Biarkan mereka tahu bahwa Anda tertarik untuk mengetahui tentang mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang terjadi di sekolah. Jangan beralih ke televisi, koran atau telepon ketika mereka mulai bicara.

2. Berbicara dengan mereka
Berhenti bermain dengan jejaring sosial Anda dan mulailah berbicara dengan anak Anda tentang apa kartun, permainan atau buku favorit mereka. Tunjukkan rasa penasaran Anda pada apa pun yang mereka ceritakan.

3. Berikan mereka waktu untuk merespon
Anak-anak mungkin memerlukan beberapa saat untuk memproses dan memahami apa yang Anda katakan. Jadi berikan mereka waktu untuk merespon perkataan Anda.

4. Komputer dan internet telah menjadi bagian tak terhindarkan dari kehidupan kita sehari-hari
Anak-anak tumbuh dewasa menonton dan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka, contohnya dengan menghabiskan waktu luang bermain internet.

Sebagai orang tua yang baik, bimbinglah mereka dan berikan pengetahuan tentang cara menggunakan internet dengan baik. Jangan dilepas begitu saja.

5. Membuat komunikasi Anda dengan anak-anak jadi lebih sederhana dan jelas
Jangan membuat anak Anda bingung dengan menunjukkan sikap dan kata-kata yang rumit. Mereka mungkin bisa salah mengartikan perkataan atau gerak tubuh Anda jika itu terlihat rumit.

6. Menghargai prestasi apa pun yang anak dapatkan
Juga, pastikan Anda selalu menghibur anak ketika ia mengalami kegagalan.

7. Komunikasi harus selalu menjadi sesuatu yang memotivasi anak
Buatlah mereka merasa aman dan berikan anak kebebasan penuh untuk berkarya sesuai keinginan mereka.

8. Mengatakan sesuatu dengan cara yang lebih positif
Anda mungkin sering memakai intonasi tinggi saat mengajarkan sesuatu pada anak. Kebiasaan ini sebaiknya mulai ditinggalkan karena membuat anak merasa takut dan akhirnya tidak percaya diri. Anda bisa mengganti kata-kata itu dengan sesuatu yang lebih positif seperti “Kan kalau tasnya ditaruh di situ bisa lebih rapi, sayang.”

9. Menanggapi sesuatu dengan sabar
Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin anak Anda sampaikan dan respon dengan cara yang lembut dan penuh perhatian. Menanggapi sesuatu dengan sabar adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka.

kurus

Referensi:

metode sbar, komunikasi sbar, komunikasi esbar, metode komunikasi SBAR, teknik komunikasi sbar, cara penggunaan metode sbar, metode branding gerakan tubuh agar relaks, membangun komunikasi dengan anak, komunikasi SBAR adalah, komunikasi keluarga, komunikasi esbar adalah, cara menggunakan metode sbar, Komunikasi Efektip menggunakan metode SBAR, komunikasi efektif keluarga, cara menjadi ganteng untuk anak anak, Komunikasi dalam keluarga, komunikasi cara SBAR, komonikasi efektif dgn metode SBAR, kominikasiSBAR, kata bijak untuk membangun komunikasi, gambar tehnik komonikasi Sbar

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply