Business Techno — 18 September 2012
9 Cara Kreatif Gunakan Pinterest untuk Bisnis

Pinterest merupakan situs dengan perkembangan tercepat dalam sejarah yang bisa menarik pengunjung unik bulanan sebanyak 10 juta lebih. Ini lebih cepat dari Facebook, Twitter dan Google.

Pinterest bagi pemilik bisnis kecil dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk lebih banyak menjaring calon pelanggan. Basis penggunanya makin besar dan dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi.

Jika pasar yang Anda bidik adalah kaum wanita, Pinterest adalah tempat yang sesuai untuk berpromosi. Ia bisa mempengaruhi calon pembeli dan membuatnya memutuskan untuk membeli via online.

Berikut adalah 9 cara kreatif untuk menggunakan Pinterest dalam memajukan bisnis.

1. Kenalkan produk dengan lomba foto
Pinterest ialah platform yang ideal untuk mengadakan lomba foto. Anda bisa menggunakannya dengan jejaring sosial lain seperti Facebook untuk memberikan detil lomba foto. Adakan lomba untuk menunjukkan pin terbaik dari produk Anda atau memakai barang berlogo merek Anda yang digunakan di kehidupan sehari-hari. Orang dari seluruh dunia akan menunjukkan foto produk Anda atau berbagi mengenai merek Anda, membawa lebih banyak traffic dan branding dengan gratis.

2. Menjadi sosok panutan di Pinterest
Seperti di Twitter, Facebook dan blog, salah satu cara terbaik untuk mendapatkan perhatian ialah dengan memberikan konten yang berkualitas tinggi. Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang sangat baik dalam satu bidang, buatlah sebuah board di Pinterest dengan konten yang Anda buat itu. Orang akan mendapatkan ide dari sana dan membantu mereka menyelesaikan masalahnya. Dengan melakukan ini secara terus menerus, peluang Anda untuk menjadi panutan atau pemimpin dalam bidang tertentu akan terbangun di Pinterest.

3. Daftar belanja
Buatlah sebuah daftar belanja. Misalnya, katakanlah Anda mendirikan perusahaan suplai barang dan makanan untuk pesta. Anda mungkin bisa membuat sebuah board di Pinterest untuk masing-masing jenis pesta berbeda: pesta ultah anak, pesta kejutan, pesta kantoran, dan sebagainya.

Untuk setiap pesta, buatlah pin-pin yang berbeda sebagai daftar belanja. Misalnya, pesta ultah anak-anak akan membutuhkan kue tart, topi, dan sebagainya. Berikan nilai nyata dengan pin Anda dan jika sesuai, Anda bisa menempatkan produk Anda di sana.

4. Tambahkan penunjuk harga untuk menyarankan hadiah
Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana beberapa barang di Pinterest dilabeli penunjuk harga? Anda bisa melakukan ini dengan hanya menambahkan deskripsi barang di Pinterest.
Misalnya, jika Anda mengatakan “Mangkuk ini hanya seharga Rp XXX” penunjuk kharganya akan tampak di gambar barang dan akan muncul dalam kategori “hadiah”.

5. Riset pasar
Gunakan pInterest sebagai alat meneliti pasar. Apakah yang dipikirkan konsumen? Apa yang mereka mau beli? Apakah harapan mereka dan impian mereka? Apakah produk yang sedang naik daun?

Menemukan jawaban dari semua pertanyaan itu biasnaya sangat sukar. Dengan Pinterest, Anda bisa mengalamati secara real time apa yang setiap orang pikirkan sekarang.

6. Paket produk
Gunakan Pinterest untuk membuat paket produk. Kelompokkan beberapa barang berbeda bersama dan promosikan dalam satu paket.
Anda bahkan bisa memamerkan paket produk secara rutin. Misalnya jika setiap minggu orang mengetahui Anda memiliki 4 paket produk, mereka akan berlangganan ke feed Anda untuk bisa menemukan rilis paket berikutnya yang menarik.

7. Ide produk berikutnya
Jenis ide apakah yang dipertimbangkan perusahaan? Satu cara untuk memungkinkan pengguna Anda berpartisipasi dalam proses penentuan keputusan ialah dengan menyajikan semua ide yang mungkin di board Pinterest. Jika terdapat 10 produk berbeda dan 10 arahan berbeda yang bisa diambil, biarkan konsumen yang memilih.

8. Pinboard Kupon
Pinboard kupon bisa membantu Anda memberikan nilai untuk pelanggan dengan membantu mereka untuk menghemat dan memberikan peluang untuk mempromosikan produk Anda sendiri.

Buatlah pinboard dari kupon-kupon dan kode diskon yang bisa ditemukan di satu industri. Sisipkan dua milik Anda di sana. Pelanggan yang sedang ingin menghemat akan adatang, menemukan board pin Anda dan membeli berdasar rekomendasi Anda dan dari perusahaan Anda.

9. Tunjukkan apa yang terjadi di balik layar
Bagaimana produk Anda dibuat? Seperti apa suasana dalam kantor Anda? Siapa yang menjalankan perusahaan? Bahan atau material apa saja yang menyusun produk Anda?

Percaya atau tidak, konsumen sebenarnya sangat ingin tahu mengenai apa yang terjadi di balik semua produk yang mereka beli. Satu board bertema edukasi dan fun mungkin bisa dibuat dan diisi pin foto produk Anda yang sedang dibuat. [Ciputra Entrepreneurship]

kurus

Referensi:

pinterest adalah, cara berjualan di pinterest, berjualan di pinterest, pelanggan wanita dalam pinterest, cara berjualan yang kreatif, printerest dot com, bisnis pinterest, pinterest untuk apa, cara menggunakan pinterest untuk berjualan, cara mendapatkan banyak traffic melalui pinterest, cara menakhlukan calon pembeli dlm bisnis, cara kreatif menggunakan instagram untuk bisnis online shop, cara singkat konsumen facebook dan twitter, untuk apa pinterest, cara cari barang lewat pinterest, cara berujualan di pinterest, cara berjualan pinterest, cara berjualan lewat pinterest, cara berjualan di pretrest, berjualan do pinterest, bagaimana proses bisnis bisa terjadi di facebook dan twitter

Related Articles

Share

About Author

(1) Reader Comment