Health β€” 09 January 2013
9 Cara Ampuh Mengatasi Iritasi Kulit

Kulit kemerahan, gatal, kering, bersisik atau radang, merupakan gejala dari iritasi kulit.

Gejala lainnya meliputi; benjolan, nyeri, sensasi terbakar, ruam dan pecah-pecah.

Beberapa masalah iritasi kulit umumnya disebabkan oleh paparan parfum, deterjen, produk pembersih rumah tangga, sabun, suhu ekstrem panas atau dingin, kain dan pewarna sintetis.

Selain itu, iritasi kulit juga juga dapat disebabkan oleh bahan kimia yang ditemukan dalam kosmetik, produk rambut, perhiasan, produk lateks, karet, beberapa jenis tanaman, sengatan serangga, dan bahkan bulu hewan peliharaan.

Berikut adalah sembilan cara ampuh mengatasi iritasi kulit.

1. Menempatkan kompres dingin pada daerah kulit yang teriritasi
Hal ini sangat efektif untuk meredakan pembengkakan dan rasa sakit akibat iritasi pada kulit. Rendam kain dalam air dingin dan taruh kain pada kulit yang teriritasi. Atau, kompres dengan kantung es yang sebelumnya dialasi handuk.

2. Baking soda
Baking soda merupakan obat yang efektif untuk melawan iritasi kulit. Buatlah pasta dari baking soda dengan menambahkan sedikit air. Kemudian oleskan pada daerah yang teriritasi.

3. Mandi oatmeal
Jika iritasi kulit jadi meradang dan gatal, Anda dapat menggunakan oatmeal untuk mandi. Ambil dua cangkir oatmeal, giling menjadi bubuk halus dan tambahkan ke dalam air hangat saat mandi.

4. Gel aloe vera
Cara lain untuk meredakan iritasi adalah dengan menerapkan gel lidah buaya ke area kulit yang teriritasi. Cara ini dapat mengurangi kemerahan, bengkak, dan gatal-gatal.

5. Sari apel
Sari apel dapat digunakan sebagai salah satu pengobatan rumah untuk iritasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari dan luka cukur. Siram sari apel langsung ke daerah kulit teriritasi dengan kapas. Ini harus dilakukan beberapa kali dalam sehari.

6. Minyak chamomile
Minyak atsiri dari chamomile adalah solusi pengobatan rumah yang baik untuk iritasi kulit. Gosokkan minyak chamomile langsung ke daerah yang teriritasi.

7. Campuran madu dan kayu manis
Campuran madu dan kayu manis juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit. Campurkan 3 sdm madu dengan 2 sdm bubuk kayu manis untuk membuat pasta kental. Gosok pasta tersebut langsung ke area kulit yang teriritasi. Kemudian bilas setelah mengering.

8. Campuran madu dan telur
Campuran madu dan telur dapat digunakan sebagai masker pada wajah untuk meredakan iritasi pada daerah wajah. Biarkan sekitar 10 menit dan kemudian bersihkan wajah Anda. Ini adalah obat alami yang baik untuk iritasi pada kulit wajah.

9. Mentimun
Mentimun adalah salah satu pengobatan rumah yang direkomendasikan untuk iritasi kulit. Tempatkan irisan mentimun pada daerah kulit yang teriritasi.

Inilah sembilan cara ampuh mengatasi iritasi kulit. Anda tentu bisa mempraktekkannya, jika mengalami iritasi pada kulit.

Follow twitter @hdpsehat dan kunjungi situs www.hdpsehat.com untuk mendapatkan tips seputar kesehatan terupdate.

kurus

Referensi:

cara mengatasi iritasi pada sela hidung, hidung merah iritasi, cara mengobati iritasi pada hidung, cara mengatasi iritasi pada hidung, cara mengatasi iritasi di sekitar hidung, cara menyembuhkan iritasi di sela hidung, iritasi hidung, cara menghilangkan iritasi di sekitar hidung, cara menghilangkan iritasi di hidung, cara mengatasi hidung merah, iritasi di hidung, iritasi pada hidung, mengatasi hidung merah, cara menghilangkan iritasi pada hidung, cara mengobati hidung merah, iritasi di sekitar hidung, cara menghilangkan hidung merah, obat iritasi hidung, cara menyembuhkan hidung merah, cara menghilangkan merah di hidung, iritasi bawang putih

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Comments are closed.