Health — 23 October 2012
9 Bagian Tubuh yang Menua

Penuaan biasanya ditandai dengan keriput di kulit.

Namun sebenarnya ada beberapa bagian tubuh lain yang menua. Apa saja?

Simak sembilan bagian tubuh yang menua.

1. Mata
Saat mencapai usia 40 tahun, Anda akan merasa bahwa penglihatan Anda mulai tidak beres. Hal itu disebabkan oleh presbiopi atau mata tua, karena lensa dalam mata menebal. Anda mungkin juga akan membutuhkan kacamata saat membaca.

2. Telinga
Usia juga berhubungan dengan memudarnya sensitivitas pendengaran. Semakin tua, telinga Anda juga akan ikut menua. Sebenarnya, di dalam telinga ada rambut-rambut halus yang membantu pendengaran. Namun saat rambut itu rontok, pendengaran Anda pun melemah.

3. Sklera
Sklera atau selaput putih pada pada pun menua seiring bertambahnya usia. Warnanya biasanya tampak kebiruan (pada bayi) dan lama-kelamaan berubah menguning. Sebabnya adalah akumulasi lemak pada jaringan sklera saat Anda mulai tua.

4. Kulit
Terutama pada bagian leher, kulit keriput menandakan berapa sebenarnya usia Anda. Tidak peduli krim apapun yang sudah Anda gunakan, kulit leher memang lebih sensitif terhadap matahari dan jaringannya lemah. Sehingga bagian tersebut akan tetap tampak keriput bagaimanapun Anda berusaha menyamarkannya.

5. Lutut dan pinggul
Sebanyak 80 persen kasus nyeri sendi diderita oleh para orang tua. Kabar baiknya, nyeri sendi yang menyerang bagian lutut dan pinggul tidak menunjukkan gejala apapun. Selain itu, ada pilihan pergantian lutut dan pinggul jika kondisi nyeri sudah sangat parah.

6. Jempol
Selain lutut dan pinggul, ibu jari atau jempol juga bisa terserang nyeri sendi. Kondisi ini menyebabkan orang tua susah memegang erat atau memencet sesuatu. Nyeri sendi jempol juga lebih sering menyerang wanita daripada pria.

7. Ingatan
Biasanya disebut dengan pikun, orang tua memang rentan kehilangan ingatan mereka karena otak juga ikut menua. Setidaknya jika orang yang masih muda sudah pikun, mereka berusaha membuat catatan agar tidak menghalangi produktivitasnya.

8. Payudara
Khususnya bagi para wanita, perubahan hormon berperan dalam penuaan payudara. Sebab lemak dalam payudara akan menggantikan jaringan di dalamnya. Sehingga payudara akan melorot dan kehilangan elastisitasnya.

9. Katup kerongkongan
Kemampuan Anda untuk mengonsumsi makanan juga semakin terbatas seiring bertambahnya usia. Seperti yang telah diketahui, katup kerongkongan didesain untuk menahan asam agar mengalir mundur ke perut. Namun usia membuat katup kerongkongan menua sehingga Anda mungkin tidak akan bisa lagi menikmati makanan pedas.

Itulah sembilan bagian tubuh yang menua pada diri Anda. Jangan khawatir karena semua hal tersebut normal dan pasti terjadi. [Yahoo Shine}

kurus

Referensi:

usia berapa kulit mulai keriput, umur berapa wanita mulai keriput, nyeri sendi setelah mastrubasi, unur berapa nenek mulai pikun, usia berapa manusia mulai menua, umur berapakah yang sudah mulai bisa mengonsumsi gluta panacea, usia berapa mulai keriput, umur berapa kulit mulai keriput, wanita umur brp mulai keriput, kulit mulai keriput pada umur berapa, kulit mulai keriput usia berapa, keriput mulai di usia berapa, kenapa cewek memencet jari jempol cowok untuk apa, jari jempol yang keriput, jari jempol keriput, gadis keriput di usia 40, foto cipokan sama payudara, di usia berapakah wanita mulai kulit keriput, di usia berapakah manusia mulai pikun, di umur berapa wanita mengalami keriput?, cewek keriput mulai usia berapa

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply