Business Techno — 17 November 2012
9 Aplikasi Mobile untuk Pebisnis UKM

Saat Anda memulai berbisnis, biasanya Anda hanya fokus pada passion. Namun, pada kenyataannya Anda sebagai entrepreneur harus pula melakukan berbagai pekerjaan lain di luar passion Anda yang sebenarnya.

Misalnya, Anda suka dunia fashion dan Anda mendirikan bisnis pakaian utamanya karena ingin memanfaatkan passion ini. Padahal Anda berbisnis tidak hanya mengurusi bagaimana membat pakaian yang bagus dan menjualnya.

Anda perlu mengetahui dan melaksanakan dengan baik rencana dan  laporan keuangan, penagihan pada pembeli, berjejaring, manajemen proyek dan pemasaran. Dan itu hanya sebagian saja.

Untungnya ada begitu banyak alat bantu produktivitas entrepreneur yang bisa didapatkan dari web dan aplikasi mobile. Berikut adalah sejumlah aplikasi yang berkualitas yang patut Anda coba.

1. Asana
Asana adalah alat kolaborasi yang membantu Anda mengelola ruang kerja virtual Anda beserta tim dan proyek yang sedang dan akan dijalankan. Dengan mengatur alur kerja Anda, Anda bisa mengelola acara, informasi, dan segala kegiatan dalam satu aplikasi dan memantau daftar kerja staf.

2. Expensify
Expensify meringkaskan proses yang menghabiskan waktu dan tenaga dalam membuat laporan. Ucapkan selamat tinggal pada tumpukan tanda terima yang acak-acakan serta fotokopi kuitansi yang bertebaran.

3. Dropbox
Dropbox memungkinkan Anda untuk menyimpan, berbagi dan memindahkan dokumen Anda di mana pun, dalam berbagai perangkat. Sangat praktis bagi yang suka melakukan perjalanan bisnis.

4. Hootsuite
Aplikasi jejaring sosial ini akrab bagi mereka yang mengelola jejaring sosial dalam jumlah banyak. Anda juga bisa menjadwal, mensinkronisasikan  konten, melacak mention brand Anda dan menganalisis traffic.

5. Bump
Lupakan kartu nama. Bump akan membuat bertukar informasi kontak menjadi lebih mudah hanya dengan menyentuhkan smartphone Anda pada milik kenalan.

6. Evernote
Suka mencatat di mana-mana? Evernote memungkinkan entrepreneur membuat catatan kecil berupa teks, gambar dan video dan mencarinya kembali secara online jika diperlukan.

7. Easysign
Suka panik saat tidak bisa menemukan dokumen penting? Aplikasi ini membuat pengiriman dokumen dan penandatanganan secara digital lebih praktis dengan menggunakan stylus atau jari di layar smartphone.

8. inDinero
Jika Anda benci dengan akunting, inDinero muncul untuk membantu. Aplikasi ini mengatur semua transaksi dengan mengumpulkan informasi dari akun Anda dan menyusun gambaran umum kondisi keuangan bisnis Anda.

9. Freshbooks
Di antara banyak tugas, penagihan adalah yang paling membosankan dan berat. Freshbooks membantu Anda menerapkan otomatisasi dalam penerbitan dan penerimaan tagihan. [Ciputra Entrepreneurship]

kurus

Referensi:

bisnis inspirasi, pebisnis, Aplikasi Keuangan UKM, aplikasi Mobile 9 dot com, aplikasi mobile bisnis, aplikasi mobile ukm, aplikasi produktivitas mobile, Mobile sembilan, perlunya manajemen proyek pada ukm

Related Articles

Share

About Author

(0) Readers Comments

Leave a Reply